PENERAPAN PENDEKATAN ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL ULUM KECAMATAN GONDANG KABUPATEN MOJOKERTO

Mahrita, NIM. 09226077 (2011) PENERAPAN PENDEKATAN ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL ULUM KECAMATAN GONDANG KABUPATEN MOJOKERTO. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PENDEKATAN ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL ULUM KECAMATAN GONDANG KABUPATEN MOJOKERTO)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PENDEKATAN ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL ULUM KECAMATAN GONDANG KABUPATEN MOJOKERTO)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (470kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui sejauh mana pendekatan active learning tersebut diterapkan pada pembelajaran SKI pada MA Miftahul Ulum kecamatan Gondang kabupaten Mojokerto; 2) Mengetahui ada tidaknya pengaruh dari penerapan pendekatan active learning terhadap motivasi belajar SKI siswa kelas XII MA Miftahul Ulum kecamatan Gondang kabupaten Mojokerto. Penelitian ini dapat digolongkan sebagai penelitian lapangan (field research). Peneliti mengadakan pengamatan langsung ke lapangan untuk mengamati setiap perubahan dari suatu keadaan dan juga mengadakan pencatatan keadaan di lapangan secara ekstensif. Sampel diambil seluruh jumlah siswa kelas XII Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto. Sumber data yang digunakan informan, dokumen, dan arsip. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, questioner (angket). Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptis kualitatif dengan metode induktif. Berasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: Penerapan pendekatan Active Learning metode Guided Teaching, True or False dan Active Debate dalam pembelajaran SKI I Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Gondang berjalan dengan sesuai rencana. Penerapan pendekatan ini dapat mewujudkan pembelajaran yang lebih aktif dari pembelajaran yang biasanya tanpa menerapkan pendekatan Active Learning. Sisi positif yang terlihat pada siswa khususnya berubahnya cara belajar dan berpikir serta meningkatkan keberanian, motivasi, kreatifitas dan rasa percaya diri siswa saat mengemukakan pendapatnya dalam kegiatan diskusi dan saat berbicara. Siswa jadi lebih mandiri dalam segala aktifitasnya. Penerapan pendekatan Active Learning mampu meningkatkan motivasi belajarnya. Ini bisa dilihat dari rata-rata post test siswa kelompok eksperimen lebih tinggi jika dibandingkan dengan post test siswa kelompok kontrol yaitu 23,1333 untuk kelompok eksperimen dan 18.4211 untuk kelompok kontrol. Selain itu juga lebih banyak jumlah siswa kelompok eksperimen yang memberikan tanggapan baik terhadap penerapan pendekatan Active Learning yaitu sebanyak 24 siswa dari 30 siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H, Sumedi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: active learning, sejarah kebudayaan islam, motivasi, belajar siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 14 Feb 2013 00:42
Last Modified: 24 Apr 2015 15:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6958

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum