PENERAPAN STRATEGI LISTENING TEAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADIS DI MTs. RAUDLATUT THOLIBIN TAYU

Arwani, NIM. 09226010 (2011) PENERAPAN STRATEGI LISTENING TEAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADIS DI MTs. RAUDLATUT THOLIBIN TAYU. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI LISTENING TEAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADIS DI MTs. RAUDLATUT THOLIBIN TAYU)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI LISTENING TEAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADIS DI MTs. RAUDLATUT THOLIBIN TAYU)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran al-Qur’an Hadis di MTs Raudlatut Tholibin Tayu berlangsung monoton dan membosankan. Guru banyak menggunakan metode ceramah tanpa dibarengi dengan strategi yang tepat. Prestasi belajar siswa juga belum seperti yang diharapkan. Pada setiap evaluasi pembelajaran, masih ada 30% sampai 40% siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Penelitian ini dilakukan untuk melakukan perbaikan dan perubahan atas kondisi pembelajaran di atas. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis & Taggart. Sedangkan metode pembelajaran yang digunakan tetap metode ceramah akan tetapi diperkaya dengan menggunakan strategi listening team. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Masingmasing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Peneltian Tindakan Kelas ini dilakukan pada kelas VIII-D, MTs. Raudlatut Thalibin Tayu. Data penelitian yang diambil berupa data tes dan non tes. Data tes diambil lewat tes formatif yang dilakukan dalam bentuk tertulis, sedangkan data non tes diambil lewat observasi, jurnal siswa, dokumentasi, dan wawancara terhadap guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) menemukan strategi yang efektif dalam pembelajaran al-Qur’an Hadis di MTs. Raudlatut Thalibin Tayu; 2) melakukan perubahan dalam proses pembelajaran al-Qur’an Hadis di MTs. Raudlatut Thalibin Tayu; 3) meningkatkan kreatifitas guru dalam pembelajaran al-Qur’an Hadis di MTs. Raudlatut Thalibin Tayu; 4) meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa MTs. Raudlatut Thalibin Tayu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan strategi listening team proses pembelajaran al-Qur’an Hadis di kelas VIII-D MTs. Raudlatut Tholibin Tayu, berubah dari monoton dan membosankan, menjadi menarik dan menyenangkan. Siswa lebih bersemangat mengikuti pembelajaran. Partisipasi siswa meningkat. Siswa yang biasanya pasif mendengarkan ceramah guru yang monoton, kini aktif menjalankan peran dan tugas yang ditentukan pada kelompoknya masing-masing. Prestasi belajar siswa juga meningkat dari rata-rata 69,55 pada prasiklus menjadi 77,66 pada siklus I dan menjadi 82,76 pada siklus II. Siswa yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal, pada prasiklus mencapai 38%, berkurang menjadi 10% pada siklus I, dan tidak ada lagi siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal pada siklus II.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Phil. Sahiron Syamsuddin, M.A.
Uncontrolled Keywords: Listening Team, siklus, prestasi belajar, proses pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Users 5 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2013 17:48
Last Modified: 24 Apr 2015 08:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6959

Actions (login required)

View Item View Item