PENGEMBANGAN KURIKULUM SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DI MTs ARRISALAH SLAHUNG PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Sumadi, NIM. 09226064 (2011) PENGEMBANGAN KURIKULUM SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DI MTs ARRISALAH SLAHUNG PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DI MTs ARRISALAH SLAHUNG PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2010/2011)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DI MTs ARRISALAH SLAHUNG PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2010/2011)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (572kB)

Abstract

Penelitian tentang Pengembangan Kurikulum Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Berbasis Multikultural di MTs Arrisalah Slahung Ponorogo ini dilatarbelakangi adanya fakta bahwa Indonesia merupakan negara multikultur yang memiliki banyak problem tentang eksistensi sosial, budaya, etnik dan kelompok keagamaan yang beragam yang diantaranya disebabkan kurangnya upaya menanamkan nilai-nilai multikultural dari lembaga pendidikan. MTs Arrisalah yang peserta didiknya berasal dari berbagai daerah, yang berbeda suku, budaya, perlu menanamkan nilai-nilai multikultural kepada peserta didik sebagai kader pemimpin generasi bangsa. Pengembangan kurikulum SKI berbasis multikultural merupakan alat strategis menanamkan nilai-nilai multikultural sebagai sebuah upaya menjawab problem kemanusiaan tadi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan kurikulum SKI berbasis multikultural di MTs Arrisalah Slahung Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif yang berusaha mendeskripsikan data-data yang diperoleh dari lapangan maupun literatur yang berkaitan dengan pembahasan. Fokus penelitian ini adalah MTs Arrisalah Slahung Ponorogo. Untuk mendapatkan data digunakan teknik pengumpulan data melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Keseluruhan data dianalisis dengan tahapan: 1) mereduksi data, 2) menyajikan data, dan 3) menyimpulkan hasil penelitian. Penelitian ini menghasilkan temuan, yaitu: Pertama, Kurikulum merupakan alat dan media strategis untuk penyebaran nilai-nilai multikultural. Hal yang lebih mendasar dalam pengembangan kurikulum Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Arrisalah bukan hanya pada dimensi kognitif saja, namun lebih menggali pada dimensi afektif atau nilai. Kedua, pengembangan kurikulum SKI berbasis multikultural di Madrasah Tsanawiyah Arrisalah berlandaskan pada visi, misi, tujuan madrasah dan pemikiran filosofis pimpinan pondok pesantren Arrisalah, kondisi sosiologis santri yang meliputi latar belakang etnis, suku dan budaya serta asal usul daerah santri, landasan psikologis dan landasan yuridis. Ketiga,secara parsial pengembangkan Kurikulum SKI berbasis multikultural dilakukan terhadap kompetensi, materi, metode dan evaluasi. Keempat, implementasi kurikulum MTs Arrisalah menggunakan model KTSP mengacu Permenag Nomor 2 Tahun 2008 dengan menekankan pada pencapaian kompetensi peserta didik dalam berfikir dan berperilaku. Kelima, kendala-kendala dalam pengembangan kurikulum SKI berbasis multikultural adalah sarana, media dan alat peraga yang belum memadai, kondisi sumber daya manusia yang cenderung masih lemah dan adanya keterbatasan pemahaman tentang Multikulturalisme.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Sumedi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Sejarah Kebudayaan Islam, Multikultural
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 14 Feb 2013 00:52
Last Modified: 24 Apr 2015 15:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6960

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum