NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PELAJARAN AL-QUR’AN-HADIS (Telaah Materi dalam Program Pengembangan Silabus dan Sistem Penilaian Al-Qur’an-Hadis MA Ali Maksum PP.Krapyak Yogyakarta TA. 2009-2010)

Mukharis, NIM. 09.226.091 (2011) NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PELAJARAN AL-QUR’AN-HADIS (Telaah Materi dalam Program Pengembangan Silabus dan Sistem Penilaian Al-Qur’an-Hadis MA Ali Maksum PP.Krapyak Yogyakarta TA. 2009-2010). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PELAJARAN AL-QUR’AN-HADIS)
BAB I, VI, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PELAJARAN AL-QUR’AN-HADIS)
BAB II, III, IV, V.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (551kB)

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang telah dirumuskan yaitu mengenai nilai-nilai pendidikan multikultural yang terkandung dalam materi program pengembangan silabus dan sistem penilaian Al-Qur’an-Hadis MA Ali Maksum PP. Krapyak Yogyakarta TA 2009-2010 serta mengetahui kesesuaian terhadap tujuan lembaga Pendidikan MA Ali Maksum. Kurikulum PAI sangat signifikan untuk mentransformasikan nilai-nilai pendidikan multikultural karena tujuan pendidikan tidak akan bisa dicapai tanpa adanya kurikulum, sementara materi dalam pelajaran Al-Qur’an-Hadis sebagai sumber utama ajaran Islam dan sekaligus menjadi pegangan dan pedoman hidup dalam kehidupan sehari-hari, sehingga materi Al-Qur’an-Hadis akan membentuk dan menentukan sikap keberagamaan seseorang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang datanya diperoleh melalui penelitian literer (library research) dan juga penelitian lapangan. Penelitian literer sumber datanya adalah dalam materi program pengembangan silabus dan sistem penilaian Al-Qur’an-Hadis MA. Ali Maksum PP. Krapyak Yogyakarta TA. 2009-2010 dan Permenag Nomor 2 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi (SI), serta buku-buku yang berkaitan dengan pendidikan dan wacana-wacana multikultural. Penelitian lapangan mengambil obyek MA. Ali Maksum PP. Krapyak Yogyakarta dilaksanakan pada bulan Februari sampai bulan Mei 2011. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan, penulis menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, observasi. Pendekatan yang digunakan adalah filosofis dengan deskriptif analisis, yaitu teknik yang digunakan untuk menarik kesimpulan dari paparan yang ada kemudian dianalisis untuk menemukan karakteristik pesan yang dilakukan secara sistematis dan obyektif. Hasil penelitian menunjukkan jawaban dari dua permasalahan di atas bahwa dalam materi program pengembangan silabus dan sistem penilaian Al- Qur’an-Hadis MA. Ali Maksum PP. Krapyak Yogyakarta TA. 2009-2010 telah terkandung nilai-nilai pendidikan multikultural yaitu dengan persentase 33%. Ada 8 standar kompetensi dari 24 standar kompetensi berdasar Permenag No. 2 Tahun 2008. Nilai-nilai Pendidikan multikultural tersebut adalah, pertama, belajar hidup dalam perbedaan terkandung nilai toleransi yang termuat dalam standar kompetensi toleransi dan etika pergaulan, kedua, membangun saling percaya (mutual trust) terkandung nilai keadilan, kejujuran, ketulusan dan amanah yang termuat dalam standar kompetensi berlaku adil jujur dan demokrasi, ketiga, memelihara saling pengertian (mutual understanding) terkandung nilai solidaritas yang termuat dalam standar kompetensi menerapkan perilaku kebaikan, keempat, menjunjung sikap saling menghargai (mutual respect) terkandung nilai kerjasama yang termuat dalam standar kompetensi tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat, kelima, terbuka dalam berpikir terkandung nilai tanggung jawab dan percaya diri yang termuat dalam standar kompetensi ilmu pengetahuan dan teknologi, keenam, apresiasi dan interdependensi terkandung nilai prasangka baik, solidaritas, dan empati yang termuat dalam standar kompetensi pola hidup sederhana, dan ketujuh, resolusi konflik terkandung nilai kasih sayang yang termuat dalam standar kompetensi menerapkan strategi berdakwah. Kesesuaian nilai-nilai pendidikan multikultural dengan tujuan lembaga pendidikan MA. Ali Maksum yaitu, pertama, manusia yang bertakwa yaitu pembentukan sikap ketakwaan peserta didik mengarah kepada sikap internal yaitu kesalihan kehidupan individual dan individu selaku anggota masyarakat, hal tersebut termuat dalam materi memelihara saling pengertian dan saling menghargai, kedua, berkepribadian yaitu peserta didik memiliki sikap ketulusan dalam pergaulan dengan berlaku adil, jujur, toleran terhadap perbedaan pluralitas agama/keyakinan dan budaya, kemudian diikuti perbuatan kebajikan (ikhsan), hal tersebut termuat dalam materi membangun saling percaya, ketiga, terampil yaitu peserta didik mampu mengedepankan sikap ketulusan dan toleran dalam menghadapi perbedaan dan pluralitas agama/kepercayaan dan budaya sehingga mampu melaksanakan tugas kekhalifahan di bumi, hal tersebut termuat dalam materi apresiasi dan interdependensi, dan keempat, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yaitu peserta didik memiliki kemampuan berfikir dan bertindak, mengadopsi dan beradaptasi terhadap kultur yang berbeda sehingga jauh dari sifat eklusif, kejumudan dan keterkekangan dalam berfikir, hal tersebut termuat dalam materi terbuka dalam berfikir.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Hamim Ilyas, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: pendidikan multikultural, al-qur'an, hadis
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Users 5 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2013 18:17
Last Modified: 24 Apr 2015 08:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6964

Actions (login required)

View Item View Item