IMPLEMENTASI PENILAIAN BERBASIS PORTOFOLIO DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) KIBAR, GROJOGAN, BANTUL, D.I. YOGYAKARTA

A. Amali Kurniawan, NIM: 06.221.591 (2012) IMPLEMENTASI PENILAIAN BERBASIS PORTOFOLIO DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) KIBAR, GROJOGAN, BANTUL, D.I. YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENILAIAN BERBASIS PORTOFOLIO DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) KIBAR, GROJOGAN, BANTUL, D.I. YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENILAIAN BERBASIS PORTOFOLIO DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) KIBAR, GROJOGAN, BANTUL, D.I. YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (893kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penilaian berbasis portofolio di Taman Kanak-kanak (TK) KIBAR, Grojogan, Bantul, D.I. Yogyakarta, yaitu meliputi: (1) Persepsi guru/ustażah tentang portofolio sebagai instrumen penilaian belajar anak; (2) Model rancangan penilaian portofolio yang digunakan; (3) Implementasi penilaian berbasis portofolio dalam menilai perkembangan anak; dan (4) Respon orang tua terhadap hasil penilaian berbasis portofolio. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif (qualitative research) yang bersifat deskriptif analitik, dengan teknik analisis data interaktif berdasarkan pada metode induktif kualitatif. Sifat deskriptif dalam penelitian ini termasuk dalam tipe studi kasus yang bersifat pengamatan (observational case studies). Dalam pengumpulan data, peneliti sebagai key instrument dilengkapi dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Untuk menghindari kesalahan, maka diadakan pemeriksaan keabsahan data dengan teknik perpanjangan kehadiran/keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil analisis penelitian di TK KIBAR Yogyakarta menunjukkan bahwa: pertama, persepsi guru/ustażah tentang portofolio sebagai instrumen penilaian belajar anak sudah mengarah pada rumusan (definisi) umum penilaian berbasis portofolio. Kedua, model rancangan portofolio dibuat sesuai dengan kebutuhan dalam menilai belajar anak agar memudahkan kinerja para ustażah dan juga mudah dipahami oleh orang tua/wali santri, yaitu berupa: Buku Majalah (BUMA), Buku KIBAR (Pra, A, B, dan C), dan Buku BACALAH (1A, 1B, 2A, 2B, dan 3). Ketiga, Penilaian berbasis portofolio telah dilaksanakan di TK KIBAR sebagai alat evaluasi belajar anak usia dini/TK, yang mencakup: Sasaran penilaian mencakup dimensi/aspek-aspek perkembangan nilai-nilai agama dan moral, fisik, bahasa, kognitif, serta sosial emosional; Langkah penilaian berbasis portofolio yang telah diterapkan hampir sesuai dengan standar dan prosedur implementasi portofolio yang benar; Bentuk laporan penilaian berbasis portofolio berupa: satu bendel BUMA (lima jilid), Jurnal Kartu Prestasi Membaca (KIBAR dan BACALAH), dan rapor santri yang diberikan kepada orang tua/wali setiap akhir semester; Evaluasi pelaksanaan penilaian berbasis portofolio dilakukan dengan memberikan narasi pada perkembangan belajar anak. Keempat, respon orang tua/wali santri terhadap hasil penilaian berbasis portofolio sangat positif, dengan indikasi adanya kepuasan orang tua/wali terhadap perkembangan belajar anaknya dan dilibatkan dalam membimbing belajar anak di rumah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Prof. Dr. H. Wuradji, M.S.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Portofolio, PAUD/TK
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Users 5 not found.
Date Deposited: 14 Feb 2013 10:39
Last Modified: 23 Apr 2015 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6971

Actions (login required)

View Item View Item