PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI TAMAN KANAK-KANAK BINA ANAPRASA NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO

ABU HASAN AGUS R, NIM:09261008 (2011) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI TAMAN KANAK-KANAK BINA ANAPRASA NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI TAMAN KANAK-KANAK BINA ANAPRASA NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (154Kb)
[img] Text (PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI TAMAN KANAK-KANAK BINA ANAPRASA NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (669Kb)

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan mutlak bagi kehidupan manusia yang harus dipenuhi sepanjang hayat. Imam al-Ghazaly berpendapat bahwa pendidikan agama harus mulai diajarkan kepada anak sedini mungkin, pertama kali dengan mendidik hati mereka dengan ilmu pengetahuan dan mendidik jiwanya dengan ibadah. Kisah ataupun cerita memang sangat menarik untuk dikaji, karena cerita itu sendiri mampu mengambil hati para pendengar/pembacanya baik itu orang dewasa apalagi anak-anak. Dalam Proses pendidikan, TK Bina Anaprasa sebagai institusi pendidikan, didalamnya tentu memuat berbagai macam kegiatan dan pelajaran baik yang dilaksanakan didalam kelas maupun diluar kelas, dan dengan berbagai macam metode, seperti metode bermain, bercerita, bernyanyi dan lain-lain. Setelah melihat dan mencermati dari proses pembelajaran yang dilakukan oleh para guru di TK Bina Anaprasa, maka dalam penelitian ini metode bercerita menjadi fokus bagi peneliti untuk dijadikan obyek penelitian, dengan melihat perkembangan anak didik dalam pendidikan agama Islam yang ternyata dilakukan dengan metode bercerita. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif, dengan pendekatan yang digunakan berupa pendekatan kualitatif deskriptif. Maksudnya dalam penelitian kualitatif data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka melainkan data tersebut berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumentasi pribadi, catatan memo dan dokumen resmi lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pelaksanaan metode bercerita sudah sesuai dengan materi pelajaran yang mejadi landasan kurikulum. Dalam pemilihan jenis-jenis cerita yang dilakukan oleh para ustadzah adalah jenis cerita yang sesuai dengan ajaran Islam. Nilai-nilai edukatif yang tertanam pada anak adalah, Pertama, nilai-nilai keimanan; Kedua, nilai-nilai Ibadah; Ketiga, Nilainilai akhlak; Keempat, nilai-nilai psikologis. Dalam hal keberhasilan metode bercerita terlihat bahwa, Pertama, Nilai-nilai keimanan yang tertanam kepada anak sangat membantu anak-anak untuk mengetahui dan memahami ajaran- ajaran dalam Islam, sehingga mereka dapat mempraktekannya dalam kehidupan seharihari; Kedua, nilai-nilai ibadah, Keberhasilan dari nilai-nilai ibadah di sini sangat nampak pada diri anak, dengan keseriusannya melakukan praktek sholat dan manasik haji dengan bimbingan ustadzah; Ketiga., Nilai-nilai akhlak. Keberhasilan nilai ini adalah perubahan sikap dan tingkah laku anak-anak menjadi lebih baik dan terarah, hal itu ditunjukkan dengan berperilaku sopan, berbuat baik kepada sesama teman; Keempat, Nilai-nilai psikologis, nilai ini dapat menawarkan suasana yang gembira bagi anak. Anak dapat menceritakan kembali secara kreatif kepada orang tua mereka tentang nilai-nilai pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: pembimbing : Dr. Mahmud Arif, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai, pendidikan islam, anak usia dini, bercerita
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru RA - PAUD
Depositing User: Taufiq Kurniawan SIP.
Date Deposited: 14 Feb 2013 10:49
Last Modified: 14 Feb 2013 10:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6974

Actions (login required)

View Item View Item