PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN BULETIN FISIKA BERBASIS GUIDED INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR RASIONAL PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI MTS N LABORATURIUM UIN

ACHMAD SUBARIAN ROHMANI , 07690021 (2012) PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN BULETIN FISIKA BERBASIS GUIDED INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR RASIONAL PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI MTS N LABORATURIUM UIN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN BULETIN FISIKA BERBASIS GUIDED INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR RASIONAL PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI MTS N LABORATURIUM UIN )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN BULETIN FISIKA BERBASIS GUIDED INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR RASIONAL PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI MTS N LABORATURIUM UIN )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengaruh pembelajaran fisika dengan menggunakan buletin fisika berbasis guided inquiry terhadap keterampilan berpikir rasional pada materi getaran dan gelombang di MTs N Lab UIN. Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui adanya pengaruh pembelajaran fisika dengan menggunakan media buletin fisika berbasis guided inquiry pada pokok bahasan getaran dan gelombang terhadap keterampilan berpikir rasional siswa MTs N Laboratorium UIN. 2) Mengetahui tanggapan siswa MTs N Laboratorium UIN terhadap media pembelajaran buletin fisika berbasis guided inquiry. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan menggunakan teknik purposive sample. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N Laboratorium UIN dengan menggunakan sampel kelas VIII C dan VIII B. Metode pengumpulan data dengan metode tes dan angket tanggapan siswa. Metode tes digunakan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran fisika dengan menggunakan buletin fisika berbasis guided inquiry terhadap keterampilan berpikir rasional, sedangkan angket digunakan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap buletin fisika berbasis guided inquiry. Analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh buletin fisika berbasis guided inquiry menggunakan analisis uji t, sedangkan analisis untuk mengetahi tanggapan siswa mengunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembelajaran fisika dengan menggunakan buletin fisika berbasis guided inquiry berpengaruh terhadap keterampilan berpikir rasional siswa berdasarkan hasil uji-t. Hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung sebesar 7,51 dan ttabel sebesar 1,697, sehingga thitung > ttabel. 2) tanggapan siswa tentang pembelajaran dengan menggunakan buletin fisika berbasis guided inquiry menunjukkan hasil yang positif yaitu 72,22% dari skor rata-rata 3,79. Kata kunci : Buletin Fisika, Guided Inquiry, Berpikir Rasional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 18 Apr 2013 13:36
Last Modified: 01 Feb 2016 07:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7162

Actions (login required)

View Item View Item