PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS WEB MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XI

APRIYANTI RATNA SULISTYONINGSIH , NIM. 08680032 (2012) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS WEB MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS WEB MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XI )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS WEB MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XI )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang ditemukan di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta antara lain (1) media pembelajaran sistem peredaran darah masih belum dapat menampilkan proses terjadinya peredaran darah, (2) keterbatasan waktu belajar di kelas sedangkan materi peredaran darah yang terlalu banyak, (3) perkembangan teknologi yang sangat pesat namun kurang dimanfaatkan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengembangan multimedia berbasis web materi Sistem Peredaran Darah Manusia yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran mandiri siswa SMA/MA kelas XI, (2) mengetahui kualitas multimedia berbasis web materi Sistem Peredaran Darah Manusia yang dikembangkan sebagai media dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan multimedia terdiri dari 5 tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Instrumen penilaian yang digunakan untuk melihat kualitas multimedia ini yaitu lembar angket yang mencakup beberapa aspek yaitu kualitas tampilan, rekayasa perangkat lunak, kurikulum, penyajian materi, keterlaksanaan, evaluasi, dan kebahasaan. Kualitas multimedia dinilai oleh reviewer I (ahli media, ahli materi, peer reviewer) dan reviewer II (guru biologi dan siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta melalui ujicoba terbatas). Data nilai kualitas yang diperoleh masih dalam bentuk data kualitatif kemudian diolah menjadi data kuantitatif. Data kuantitatif dianalisis tiap aspek penilaian. Skor terakhir yang diperoleh, dikonversi menjadi tingkat kelayakan produk secara kualitatif dengan pedoman menurut kriteria kategori penilaian ideal. Hasil penilaian dua orang dosen ahli materi memperoleh nilai 87,27% dengan kategori sangat baik (SB), penilaian dua orang dosen ahli media memperoleh nilai 91,5% dengan kategori sangat baik (SB), penilaian peer reviewer memperoleh nilai 83,55% dengan kategori baik (B), penilaian dua orang guru biologi memperoleh nilai 82,26% dengan kategori baik (B), dan penilaian siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta memperoleh nilai 78,57% dengan kategori setuju (S). Berdasarkan penilaian tersebut maka multimedia berbasis web telah memenuhi kriteria kualitas multimedia yang baik. Kata Kunci: media pembelajaran, multimedia, peredaran darah manusia, web

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Apr 2013 20:31
Last Modified: 02 Mar 2016 10:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7221

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum