PENGEMBANGAN MODUL KIMIA MENGGUNAKAN MEDIA SCREEN READER JOB ACCESS WITH SPEECH (JAWS) MATERI POKOK SISTEM PERIODIK UNSUR SMA/MA INKLUSI KELAS X

DEWI PERWITA SARI , NIM. 08670054 (2013) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA MENGGUNAKAN MEDIA SCREEN READER JOB ACCESS WITH SPEECH (JAWS) MATERI POKOK SISTEM PERIODIK UNSUR SMA/MA INKLUSI KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL KIMIA MENGGUNAKAN MEDIA SCREEN READER JOB ACCESS WITH SPEECH (JAWS) MATERI POKOK SISTEM PERIODIK UNSUR SMA/MA INKLUSI KELAS X)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL KIMIA MENGGUNAKAN MEDIA SCREEN READER JOB ACCESS WITH SPEECH (JAWS) MATERI POKOK SISTEM PERIODIK UNSUR SMA/MA INKLUSI KELAS X)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan sumber belajar untuk peserta didik difabel netra. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) mengetahui karakteristik pengembangan dan produk modul kimia untuk media screen reader JAWSmateri pokok Sistem PeriodikUnsur SMA/MA inklusi kelas X di Yogyakarta, (2) mengetahui kelayakan modul yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian guru kimia SMA/MA Inklusi, dan (3) mengetahui respon peserta didik difabel netra terhadap modul yang telah dikembangkan. Penelitian pengembangan ini mengunakan model 4-D yang terdiri dari empat tahapan pengembangan yaitu define (pendefinisian), design (perencanaan), developement (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan), namun dalam penelitian ini tahap penyebarluasan tidak dilakukan. Modul kimia untuk media screen reader JAWS ini ditinjau oleh dosen pembimbing, ahli materi, ahli media, dan peer reviewer. Subjek penilai dari modul ini adalah 2 orang guru kimia SMA/MA Inklusi dan direspon oleh 3 peserta didik difabel netra kelas X SMA/MA Inklusi di Yogyakarta. Instrumen penilaian berupa lembar penilaian yang terdiri dari 5 aspek penilaian yaitu penulisan dan oganisasi modul, materi, keterbacaan, evaluasi belajar, dan tampilan fisik. Modul yang telah dikembangkan dengan karakteristik proses dan produk ini mendapatkan kualitas Sangat Baik (SB) menurut guru pengajar peserta didik difabel netra SMA/MA Inklusi. Skor rata-rata yang diperoleh sebesar 121 dan persentase keidealan sebesar 86,43%. Modul ini juga memperoleh respon positif dari peserta didik difabel netra dengan persentase sebesar 90,5% dan skor rata-rata sebesar 12,67 dari skor maksimal 14 dengan kualitas Sangat Baik (SB). Berdasarkan hal tersebut, maka modul ini layak digunakan sebagaisumber belajar mandiri peserta didik difabel netra. Kata Kunci: modul kimia, sistem periodik unsur, screen reader JAWS, peserta didik difabel netra, kimia SMA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Apr 2013 20:42
Last Modified: 22 Feb 2016 09:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7232

Actions (login required)

View Item View Item