PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMPN 1 BANTUL

ENDAR HARTONO , NIM. 08600020 (2012) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMPN 1 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMPN 1 BANTUL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (21MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMPN 1 BANTUL)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran matematika berupa website e-learning yang menggunakan macromedia dreamweaver 8.0 standar kompetensi memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya dan mengetahui kualitas dari website pembelajaran matematika tersebut yang diikuti dengan langkah-langkah pengembangan yang harus diikuti agar menghasilkan produk yang berkualitas berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi dan siswa agar indikator keberhasilan tercapai. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Dengan rincian : (1) Analisys (meliputi: studi pendahuluan, analisis kurikulum, analisis kebutuhan), (2) Design (meliputi: pembuatan garis-garis besar isi website, penyusunan kerangka website, (3) Development (meliputi: pembuatan website dengan menggunakan macromedia dreamweaver 8.0, pengemasan dan penyajian website, pendesainan kuiz, pengujian oleh ahli media dan ahli materi), (4) Implementation (meliputi: uji kelas kecil dan uji kelas besar di sekolah) dan (5) , Evaluation (meliputi: indikator keberhasilan media, yang mengevaluasi setiap tahapan pengembangan). Produk media pembelajaran yang telah dikembangkan mempunyai kualitas Sangat Baik (SB) dengan skor keidealan 102,05 dari skor maksimal 125 dengan persentase keidealannya 81,64 % dan berdasarkan tes hasil belajar siswa yang dinilai berdasarkan hasil pre-test dan post-test didapat nilai rata-rata tes meningkat dari 50,36 (pre-test) menjadi 85,18 (post-test). Dengan ini website tersebut dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa khususnya pada materi bangun ruang sisi datar (BRSD) sehingga website tersebut efektif untuk pembelajaran. Kata Kunci : Media Pembelajaran, E-Learning, Macromedia Dreamweaver 8.0, Website, Bangun Ruang Sisi Datar, ADDIE.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Apr 2013 20:48
Last Modified: 22 Jan 2016 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7235

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum