Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Interaktif Berbasis Website Materi Jamur (Fungi) untuk Siswa SMA/MA Kelas X Semester I

ESTIANA RAHMAWATI , NIM. 08680058 (2013) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Interaktif Berbasis Website Materi Jamur (Fungi) untuk Siswa SMA/MA Kelas X Semester I. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Interaktif Berbasis Website Materi Jamur (Fungi) untuk Siswa SMA/MA Kelas X Semester I )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Interaktif Berbasis Website Materi Jamur (Fungi) untuk Siswa SMA/MA Kelas X Semester I )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS interaktif berbasis website materi jamur (fungi) sebagai media pembelajaran mandiri siswa SMA/MA kelas X semester I, dan untuk menghasilkan LKS interaktif berbasis website materi jamur (fungi) dengan kualitas baik sehingga layak digunakan sebagai media dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan LKS interaktif berbasis website ini terdiri dari 5 tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Instrumen penilaian yang digunakan untuk melihat kualitas LKS interaktif berbasis website ini yaitu lembar angket yang mencakup beberapa aspek yaitu kualitas tampilan, rekayasa perangkat lunak, kurikulum, penyajian materi, keterlaksanaan, evaluasi, dan kebahasaan. Aspek minat, aspek penguasaan materi, dan tampilan dinilai oleh siswa. Kualitas LKS interaktif dinilai oleh reviewer I (ahli media, ahli materi, peer reviewer) dan reviewer II (guru biologi dan siswa kelas XI MAN LAB UIN Yogyakarta melalui uji coba terbatas). Data nilai kualitas yang diperoleh masih dalam bentuk data kualitatif kemudian diolah menjadi data kuantitatif. Data kuantitatif dianalisis tiap aspek penilaian. Skor terakhir yang diperoleh, dikonversi menjadi tingkat kelayakan produk secara kualitatif dengan pedoman menurut kriteria kategori penilaian ideal. Berdasarkan penilaian oleh ahli materi, ahli media, peer reviwer dan guru ditinjau dari beberapa aspek menunjukkan bahwa kualitas LKS interaktif berbasis website adalah baik, dan penilaian oleh siswa MAN LAB UIN Yogyakarta adalah sangat baik. Berdasarkan penilaian tersebut, LKS interaktif berbasis website materi jamur (fungi) kelas X semester I SMA/MA telah memenuhi kriteria kualitas LKS interaktif yang baik sehingga layak digunakan dalam pembelajaran biologi. Kata Kunci: jamur (fungi), LKS interaktif berbasis website, pengembangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Apr 2013 20:53
Last Modified: 02 Mar 2016 16:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7237

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum