PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN AFEKTIF DAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS

ISMUN NISA NADHIFAH , NIM. 08690001 (2012) PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN AFEKTIF DAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN AFEKTIF DAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN AFEKTIF DAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan perangkat penilaian afektif, khususnya aspek sikap dan nilai karakter pada pembelajaran fisika sekolah menengah atas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D. Validasi perangkat penilaian dilakukan melalui uji ahli dan validasi empiris. Validasi empiris dilakukan dengan analisis faktor konfirmatori dengan pendekatan maximum likehood dan analisis korelasi product moment. Sedangkan penentuan reliabilitas dengan menggunakan formula alpha Cronbach. Selain proses uji validitas dan reliabilitas juga dilakuka uji kualitas produk melalui review ahli dan guru fisika untuk menentukan kalayakan produk. Data yang digunakan daam proses analisis empiris diperoleh dari uji coba I yang melibatkan 170 responden dan uji coba II yang melibatkan 432 responden. Analisis empiris meliputi Analisis faktor konfirmatori, uji korelasi product moment dan uji alpha cronbach. Hasil analisis empiris menyatakan bahwa seluruh instrumen memiliki kevalidan konstruksi dan item serta reliabel. Dari analisis faktor dan uji reliabilitas diketahui bahwa aspek sikap pada pembelajaran fisika memperoleh 5 faktor dari 6 faktor awal rengan rincian kumulatif varian inventori kepemilikan sikap sebesar 88,74% dan nilai reliabilitasnya sebesar 0,844 sedangkan kumulatif varian inventori kecenderungan sikap sebesar 48,60% dan nilai reliabilitasnya sebesar 0,871. Aspek karakter pada pembelajaran fisika memperoleh 4 faktor dari 5 faktor awal dengan rincian kumulatif varian inventori kepemilikan karakter sebesar 64,312% dan nilai reliabilitasnya sebesar 0,833 sedangkan kumulatif varian inventori kecenderungan karakter sebesar 45,103% dan nilai reliabilitasnya sebesar 0,851. Inventori penilaian oleh teman sebaya memperoleh 7 faktor dari 11 faktor awal dengan kumulatif varian sebesar 89,163% dan nilai reliabilitasnya sebesar 0,838. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa keseluruhan aspek dalam masing-masing komponen perangkat termasuk dalam kategori sangat baik Kata kunci: penilaian, afektif, karakter, pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Apr 2013 20:36
Last Modified: 01 Feb 2016 15:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7249

Actions (login required)

View Item View Item