EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP TO GROUP TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PANDAK

KRIS NURLILAH ZULFAIDAH , NIM. 08600042 (2013) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP TO GROUP TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PANDAK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP TO GROUP TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PANDAK)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (51MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP TO GROUP TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PANDAK)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan pembelajaran kooperatif tipe Group To Group dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pandak tahun ajaran 2012/2013 semester ganjil pada pokok bahasan operasi pecahan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain Control Group Pretest-Posttest Design (desain kelompok pretest-posttest kontrol). Variabel penelitian terdiri atas 2 variabel bebas berupa pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan pembelajaran kooperatif tipe Group To Group dan variabel terikat berupa hasil belajar matematika. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pandak, Bantul tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 219 siswa yang terbagi dalam 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, dalam hal ini yang diacak adalah kelasnya, diperoleh kelas VII-D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi pemberian pre-test untuk mengetahui kondisi awal siswa dan pemberian post-test untuk mengetahui hasil belajar siswa. Pre-test dan post-test digunakan untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample ttest, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan pembelajaran kooperatif tipe Group To Group lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pandak. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai sig (2-tailed) = 0,009 < 0,05 dan nilai sig (1-tailed) = 0,0045 < 0,05 maka H0 ditolak. Dengan kata lain, pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan pembelajaran kooperatif tipe Group To Group lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa. Hal ini juga tampak adanya peningkatan antara rata-rata pre-test dengan post-test, yaitu rata-rata nilai Gain dari kelas eksperimen adalah 20,3125 dan dari kelas kontrol adalah 12,8125. Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran, Realistic Mathematics Education (RME) dengan Group To Group, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Apr 2013 21:36
Last Modified: 26 Jan 2016 09:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7255

Actions (login required)

View Item View Item