AL-TARBIYYAH AL-ISLAMIYYAH WA NAHDAT AL-UMMAH

DAWAM, AINURROFIQ (2009) AL-TARBIYYAH AL-ISLAMIYYAH WA NAHDAT AL-UMMAH. Al Jamiah, Vol.43 (No.1). ISSN 2338-557X

[img]
Preview
Text (AL-TARBIYYAH AL-ISLAMIYYAH WA NAHDAT AL-UMMAH)
Ainurrofiq Dawam.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview

Abstract

Model pembangunan dan pengembangan budaya di Barat telah menjadi icon sebagian besar negara-negara di dunia, termasuk negara dunia ketiga. Negara dunia ketiga yang sebagian besar berpenduduk Muslim tidak bisa melepaskan diri dari arus utama model pembangunan tersebut. Salah satu hal yang paling mencolok adalah model pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mau tidak mau negara-negara Islam harus menerima semua itu. Hanya saja bagi ahli pendidikan Islam tidak semua model pembangunan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi diambil dengan serta merta. Di sini perlu adanya filtering untuk disesuaikan dengan nilai-nilai dan ajaran Islam. Oleh karena itu, sebagai solusi yang lebih bijaksana adalah mengembangkan model pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi yang benar-benar dijiwai nilai-nilai dan ajaran Islam. Itu semua harus dimulai dari bangunan dasar yang berupa kesadaran seluruh umat Islam untuk bangkit, khususnya dalam hal ilmu pengetahuan dan teknologi. Sarana yang paling strategis untuk menumbuhkan kesadaran tersebut adalah melalui pendidikan yang berkualitas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Western model, third world, qualified education
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Jurnal > 4. Al Jamiā€™ah
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2013 14:47
Last Modified: 01 Mar 2017 03:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/727

Actions (login required)

View Item View Item