PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM YANG BERORIENTASI PADA REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMA

NUJUMIN NISWAH , NIM. 08600107 (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM YANG BERORIENTASI PADA REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM YANG BERORIENTASI PADA REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM YANG BERORIENTASI PADA REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar matematika antara model pembelajaran quantum yang berorientasi pada RME dengan model pembelajaran konvensional. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui manakah yang lebih berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar matematika antara model pembelajaran quantum yang berorientasi pada RME dengan model pembelajaran konvensional di kelas XI IPS MAN 1 Kudus tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (kuasi eksperimen) dengan desain penelitian (Non equivalent control group design). Variabel penelitian terdiri dari atas 2 variabel, yaitu variabel bebas adalah model pembelajaran quantum yang berorientasi pada RME dan variabel terikat berupa kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar matematika. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS MAN 1 Kudus tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 179 peserta didik. Sampel yang digunakan adalah dua kelas yang diambil dengan cara simple random sampling, yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen, kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol, sedangkan untuk kelas uji coba instrumen adalah kelas XI IPS 5. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran quantum yang berorientasi pada RME lebih berpengaruh terhadap motivasi belajar matematika dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, akan tetapi model pembelajaran quantum yang berorientasi pada RME tidak lebih berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini disebabkan oleh konsentrasi belajar peserta didik yang kurang maksimal karena penelitian dilakukan pada bulan Ramadhan serta kurangnya pemahaman peserta didik terhadap soal yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Kata kunci: model pembelajaran quantum, Realistic Mathematic Education (RME), kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Apr 2013 15:52
Last Modified: 26 Jan 2016 09:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7295

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum