PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI POKOK VIRUS KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA

NURUL UMAYAH , NIM. 08680006 (2013) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI POKOK VIRUS KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI POKOK VIRUS KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI POKOK VIRUS KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran biologi pada materi pokok Virus Kelas X di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013; (2) pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Giving Questions and Getting Answer terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi pada materi pokok Virus kelas X di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 . Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi eksperiment dengan desain penelitian Control Group Pretest-Posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta dan sampel diambil secara random, yaitu kelas XE sebagai kelas eksperimen, dan kelas XD sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data motivasi belajar menggunakan angket dan hasil belajar menggunakan soal pre-test, dan soal post-test. Validasi instrumen yang digunakan yaitu validasi isi, validasi logis, dan empiris. Reliabilitas instrumen dihitung dengan rumus Cronbach Alpha. Data motivasi belajar kemudian dianalisis secara deskriptif dan menggunakan uji Mann-Whitney U, dan hasil belajar, menggunakan uji t-test yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis data meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Questions and Getting Answer: (1) berpengaruh terhadap motivasi belajar (p=0,033); (2) berpengaruh terhadap hasil belajar (p= 0,04) dibandingkan pembelajaran yang menggunakan strategi ceramah. Kata Kunci: Strategi pembelajaran aktif tipe Giving Questions and Getting Answer, motivasi belajar, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Apr 2013 16:19
Last Modified: 03 Mar 2016 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7302

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum