PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI POKOK EKOSISTEM SEMESTER 2 KELAS X SMA/MA

RETNO WULAN SETYOWATI , NIM. 06680023 (2013) PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI POKOK EKOSISTEM SEMESTER 2 KELAS X SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI POKOK EKOSISTEM SEMESTER 2 KELAS X SMA/MA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI POKOK EKOSISTEM SEMESTER 2 KELAS X SMA/MA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (900kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kualitas modul biologi berbasis inkuiri terbimbing pada materi pokok ekosistem semester 2 kelas X SMA/ MA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penyusunan modul menggunakan metode yang dikembangkan oleh Reiser dan Mollenda, yaitu analisis, desain, dan pengembangan produk, dilanjutkan dengan metode yang dikembangkan oleh Sugiyono, yaitu validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk akhir. Subjek penilaian kualitas produk dalam penelitian pengembangan ini adalah 5 guru Biologi SMA/MA dan 15 orang siswa SMA/ MA. Objek penilaian penelitian ini adalah modul biologi berbasis inkuiri terbimbing. Sebelum dilakukan penilaian terhadap modul, terlebih dahulu dimintakan saran dan masukan kepada 2 ahli media, 2 ahli materi, dan 2 ahli bahasa. Setelah dilakukan revisi, dilanjutkan dengan uji coba terbatas. Instrumen yang digunakan dalam penilaian kualitas modul berupa angket. Penilaian kualitas modul yang dilakukan oleh guru meliputi 8 aspek dengan 28 kriteria penilaian. Penilaian kualitas modul yang dilakukan oleh siswa meliputi 8 aspek dengan 17 kriteria penilaian. Hasil penelitian pengembangan ini adalah modul biologi berbasis inkuiri terbimbing materi pokok ekosistem semester 2 kelas X SMA/ MA. Hasil penilaian kualitas modul menurut 5 guru menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan mempunyai kualitas Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 126,6 dari skor maksimal 140. Kualitas modul menurut 15 siswa SMA/ MA adalah Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 80 dari skor maksimal 85. Perhitungan dan penentuan kualitas modul berdasarkan kriteria penilaian ideal Kata kunci: pengembangan, modul biologi berbasis inkuiri terbimbing, materi ekosistem

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Apr 2013 16:48
Last Modified: 04 Mar 2016 09:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7309

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum