MOVING CLASS DI SMA MUHAMMADIYAH I YOGYAKARTA KELAS X1 IPA 1 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

RUMIATI , NIM. 08670011 (2013) MOVING CLASS DI SMA MUHAMMADIYAH I YOGYAKARTA KELAS X1 IPA 1 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MOVING CLASS DI SMA MUHAMMADIYAH I YOGYAKARTA KELAS X1 IPA 1 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MOVING CLASS DI SMA MUHAMMADIYAH I YOGYAKARTA KELAS X1 IPA 1 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB)

Abstract

Penelitian dengan judul Moving Class di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Kelas X1 IPA 1 merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran kimia di dalam sekolah yang menerapkan metode pembelajaran moving class khususnya di SMA Muhammadiyah I Yogyakarta; dampak yang diterima pendidik dan peserta didik dalam pelaksanaan proses pembelajaran kimia; kendala-kendala yang dihadapi dan cara mengatasinya; pengaruh penerapan model pembelajaran moving class, terhadap motivasi peserta didik di SMA Muhammadiyah I Yogyakarta.. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar angket, wawancara dan observasi untuk melihat keterlaksanaan, kendala yang dihadapi, motivasi dan cara belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi sumber. Model Moving Class dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran yakni dengan meningkatnya kualitas Pembelajaran, efektivitas waktu pembelajaran, disiplin peserta didik dan pendidik, keberanian peserta didik, dan motivasi peserta didik. Dampak penerapan model Moving Class bagi pendidik adalah menjadi tertantang untuk menerapkan proses pembelajaran yang efektif dan variatif sehingga peserta didik termotivasi. Dampak penerapan model Moving Class bagi peserta didik adalah menjadi lebih disiplin terhadap waktu dan lebih bertanggung jawab terhadap mata pelajaran yang ingin diikuti. Kendala yang dihadapi selama penerapan model Moving Class bagi sekolah adalah belum terpenuhinya kriteria untuk menerapkan model Moving Class. Bagi pendidik dalam persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi membutuhkan banyak waktu untuk menyesuaikan dengan kurikulum yang digunakan. Bagi peserta didik, faktor kelelahan menyebabkan peserta didik sulit untuk memfokuskan kembali pada pembelajaran. Peserta didik termotivasi dengan penerapan model Moving Class di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, dengan jumlah persentase peserta didik yang menyatakan termotivasi jauh lebih banyak dibandingkan dengan jumlah peserta didik yang menyatakan tidak termotivasi. Kata Kunci: Moving class, proses belajar, motivasi belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Apr 2013 17:12
Last Modified: 22 Feb 2016 11:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7314

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum