EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM-GAMETOURNAMENT (TGT) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA

SURYANI, NIM. 08600090 (2013) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM-GAMETOURNAMENT (TGT) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM-GAMETOURNAMENT (TGT) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM-GAMETOURNAMENT (TGT) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) efektivitas pembelajaran kooperatif tipe TGT dibanding pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar matematika siswa, (2) efektivitas pembelajaran kooperatif tipe NHT dibanding pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar siswa, (3) efektivitas pembelajaran kooperatif tipe TGT dibanding pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap keaktifan belajar siswa, (4) efektivitas pembelajaran kooperatif tipe TGT dibanding pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa, (5) efektivitas pembelajaran kooperatif tipe NHT dibanding pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa, (6) efektivitas pembelajaran kooperatif tipe TGT dibanding pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain posttest only control design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, pembelajaran kooperatif tipe NHT dan model konvensional, sedangkan variabel terikat yaitu keaktifan dan hasil belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013. Sampel terdiri dari kelas VII-A (kelas kontrol), kelas VII-B (kelas eksperimen I) menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT, dan kelas VII-C (kelas eksperimen II) menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala dan posttest. Teknik analisis data skala menggunakan uji Kruskal wallis dan data posttest menggunakan uji Anova yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Selanjutnya dilakukan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran kooperatif tipe TGT tidak lebih efektif dibanding pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar matematika siswa, (2) pembelajaran kooperatif tipe NHT tidak lebih efektif dibanding pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar siswa, (3) pembelajaran kooperatif tipe TGT tidak lebih efektif dibanding pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap keaktifan belajar siswa, (4) pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih efektif dibanding pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa, (5) pembelajaran kooperatif tipe NHT tidak lebih efektif dibanding pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa, (6) pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih efektif dibanding pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar matematika siswa. Kata Kunci: pembelajaran kooperatif, Team-Game-Tournament (TGT), Numbered Heads Together (NHT), keaktifan, dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Apr 2013 21:26
Last Modified: 26 Jan 2016 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7326

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum