PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS HANDPHONE DENGAN SCREEN READER TALKS & ZOOMS UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DIFABEL NETRA KELAS X MAN MAGUWOHARJO PADA MATERI HIDROKARBON

SUWANTO, NIM. 08670071 (2012) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS HANDPHONE DENGAN SCREEN READER TALKS & ZOOMS UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DIFABEL NETRA KELAS X MAN MAGUWOHARJO PADA MATERI HIDROKARBON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS HANDPHONE DENGAN SCREEN READER TALKS & ZOOMS UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DIFABEL NETRA KELAS X MAN MAGUWOHARJO PADA MATERI HIDROKARBON)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS HANDPHONE DENGAN SCREEN READER TALKS & ZOOMS UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DIFABEL NETRA KELAS X MAN MAGUWOHARJO PADA MATERI HIDROKARBON)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar serta tanggapan siswa difabel netra terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis handphone dengan screen reader Talks & Zooms. Penelitian ini merupakan Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas), dengan subjek penelitian siswa difabel netra kelas X-D MAN Maguwoharjo Sleman yang dilakukan selama bulan Mei 2012. Data yang dikumpulkan berupa data kemandirian belajar, prestasi belajar, dan tanggapan siswa difabel netra. Data kemandirian belajar diperoleh dari deskripsi proses serta lembar angket kemandirian belajar. Adapun data prestasi belajar pada ranah kognitif siswa difabel netra diperoleh dari nilai pretest dan posttest pada prasiklus dan siklus I. Adapun data tanggapan diperoleh dari angket tanggapan siswa difabel netra terhadap media berbasis handphone. Data kemandirian belajar dan tanggapan siswa difabel netra dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan persentase masing-masing aspek. Sementara itu, data prestasi belajar pada ranah kognitif siswa difabel netra ditabulasikan dalam bentuk rata-rata. Peningkatan prestasi belajar diketahui dari nilai effect size antar siklus yaitu selisih antara nilai rata-rata posttest siklus I dengan nilai rata-rata posttest prasiklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis handphone dengan screen reader Talks & Zooms dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa difabel netra kelas X-D MAN Maguwoharjo Sleman pada materi pokok hidrokarbon. Peningkatan kemandirian belajar siswa difabel netra ditunjukkan oleh peningkatan rata-rata persentase skala kemandirian belajar siswa difabel netra sebesar 26,6% dari prasiklus sebesar 51,1% menjadi sebesar 77,7% pada siklus I. Sementara itu, peningkatan prestasi belajar siswa difabel netra ditunjukkan dengan adanya nilai nilai effect size antara prasiklus dan siklus I sebesar 33,3. Adapun media pembelajaran berbasis handphone dengan screen reader Talks & Zooms mendapat tanggapan baik oleh siswa difabel netra kelas X-D MAN Maguwoharjo sebesar 77,3%. Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Media Pembelajaran, Handphone, Screen Reader Talks & Zooms, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar, Difabel Netra, Kimia SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Apr 2013 21:40
Last Modified: 07 Mar 2016 14:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7328

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum