PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN SOFTWARE SWISH MAX DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA POKOK BAHASAN LUAS DAN VOLUME BANGUN RUANG SISI DATAR

YUANANDA NUR BASMALAH , NIM. 08600014 (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN SOFTWARE SWISH MAX DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA POKOK BAHASAN LUAS DAN VOLUME BANGUN RUANG SISI DATAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN SOFTWARE SWISH MAX DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA POKOK BAHASAN LUAS DAN VOLUME BANGUN RUANG SISI DATAR)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN SOFTWARE SWISH MAX DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA POKOK BAHASAN LUAS DAN VOLUME BANGUN RUANG SISI DATAR)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berupa Compact Disk (CD) pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif menggunakan Software SWiSH Max pada pokok bahasan luas dan volume bangun ruang sisi datar untuk SMP/MTs, mengetahui kualitas media pembelajaran yang dihasilkan serta mengetahui dampak penggunaannya terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini melibatkan siswa Kelas VIII MTs Mu’allimin Muhammadiyah serta beberapa dosen dan guru sebagai penilai atau validator ahli. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Dengan rincian: (1) Analisys (meliputi: analisis kurikulum, materi pembelajaran, teknologi dan laboratorium tempat uji coba), (2) Design (meliputi: penyusunan alur materi pembelajaran, penyusunan garis-garis besar isi media dan pembuatan desain tampilan media) (3) Development (meliputi: Penyiapan bahan materi dan tampilan media pembelajaran, pengembangan media pembelajaran menggunakan Software SWiSH Max dan pengemasan media pembelajaran dalam bentuk Compact Disk (CD) pembelajaran matematika), (4) Implementation (meliputi: uji coba kelas kecil dan penerapan dalam kelas pembelajaran) dan (5) , Evaluation (meliputi: analisis hasil penilaian dari ahli dan siswa, serta analisis hasil pretes dan postes. Produk media pembelajaran yang telah dikembangkan telah dinilai dan divalidasi oleh ahli materi pembelajaran matematika dan ahli media pembelajaran. Hasil yang didapat pada aspek pendidikan diperoleh persentase keidealannya 85,71% menunjukkan kategori sangat baik, pada aspek tampilan diperoleh persentase kelidealan 84,70% menunjukkan kategori sangat baik, pada aspek kualitas teknis diperoleh persentase keidealan 81,84% menunjukkan kategori baik, dan secara keseluruhan hasil penilaian diperoleh persentase keidealan 84,42% menunjukkan kategori sangat baik. Keefektifan media pembelajaran yang dihasilkan diperoleh hasil sangat tinggi dilihat dari persentase ketuntasan siswa pada postes sebesar 96,67%, dan disimpulkan media pembelajaran yang dihasilkan berdampak baik pada prestasi belajar karena diperoleh persentase 76,67% siswa mengalami kenaikan nilai. Berdasarkan penilaian dan hasil yang diperoleh tersebut dapat disimpulkan bahwa CD pembelajaran yang dikembangkan layak dan baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Sofware SWiSH Max, ADDIE, Luas dan Volume Bangun Ruang Sisi Datar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Apr 2013 22:56
Last Modified: 26 Jan 2016 16:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7339

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum