AL-KULL WA-MUTADAMMANATUH FI TALIM AL-LUGHA

NAZRI SYAKUR, (2009) AL-KULL WA-MUTADAMMANATUH FI TALIM AL-LUGHA. /Jurnal/Al-Jamiah/Al-Jamiah Vol. 44 No.1 Tahun 2006/.

[img]
Preview
Text
Nazri Syakur.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran, konsep keseluruhan didasarkan pada prinsip utama Psikologi Gestalt: keseluruhan lebih daripada jumlah bagian-bagiannya. Konsep ini berkaitan dengan fenomena kesadaran yang dalam hal ini adalah tanggapan atau suatu representasi mental dari yang diamati. Bila dikaitkan dengan proses belajar, konsep keseluruhan berhubungan dengan bagaimana siswa membangun tanggapan ketika berinteraksi dengan lingkungan. Tanggapan siswa itulah yang dipakai para ahli pendidikan dan pembelajaran bahasa untuk merancang, menyusun dan menyajikan bahan ajar, seperti yang tercermin dalam pendekatan konsentris Ibnu Khaldun dalam pengembangan kurikulum, pendekatan analitik dalam penyusunan materi silabus, dan metode global dalam pembelajaran bahasa, dan lain-lain. Dalam humanisme, pengertian keseluruhan meluas, tidak hanya merupakan karakteristik kesadaran [tanggapan], tetapi lebih kepada karakteristik makhluk hidup [organism], yang dalam hal ini siswa dilihat sebagai manusia utuh (whole person). Berdasarkan konsep tersebut dibangunlah pendekatan humanistik dalam pembelajaran bahasa, seperti Pendekatan Konseling yang bertolak dari teori Rogers tentang belajar supaya bebas dan metode suggestopedia yang bertolak dari sugestisasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Suggestiveness, sub-consciousness, holistic, requirements, affection, and psycho-motor
Subjects: Al Jamiah Jurnal
Divisions: E-Journal
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 20 Mar 2013 09:07
Last Modified: 28 Dec 2016 03:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/737

Actions (login required)

View Item View Item