KARAWITAN SEBAGAI TERAPI MUSIK ANAK AUTIS (Studi Kasus Pada Empat Anak di Sekolah Khusus Autisme Bina Anggita Yogyakarta)

DWI ESTI WULANDARI , NIM. 08220049 (2012) KARAWITAN SEBAGAI TERAPI MUSIK ANAK AUTIS (Studi Kasus Pada Empat Anak di Sekolah Khusus Autisme Bina Anggita Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KARAWITAN SEBAGAI TERAPI MUSIK ANAK AUTIS (Studi Kasus Pada Empat Anak di Sekolah Khusus Autisme Bina Anggita Yogyakarta))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KARAWITAN SEBAGAI TERAPI MUSIK ANAK AUTIS (Studi Kasus Pada Empat Anak di Sekolah Khusus Autisme Bina Anggita Yogyakarta))
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)

Abstract

DWI ESTI WULANDARI, Karawitan Sebagai Terapi Musik Anak Autis (Studi Kasus Pada Empat Anak Sekolah Khusus Autisme Bina Anggita Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2012 Penelitian ini merupakan deskripstif kualitatif dan dilihat berdasarkan tempat merupakan penenlitian lapangan (field reserch). Tujuan dari penenlitian ini adalah untuk mengetahui bentuk layanan terapi musik yang diberikan untuk meningkatkan komunikasi anak autis, serta efektifitas terapi musik yang diberikan oleh terapis untuk meningkatakan komunikasi yang di alami oleh anak autis di Sekolah Khusus Bina Anggita Yogyakarta. Subjek penenlitian adalah empat anak anggota terapi musik yang mengalami kesulitan dalam komunikasi. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian ini: 1) Bentuk terapi musik untuk meningkatkan komunikasi anak autis yang dilaksanakan di Sekolah Khusus autisme Bina Anggita Yogayakarta menggunakan beberapa bentuk seperti terapi musik karawitan sekar (vokal), terapi musik karawitan gendhing ( instrumen), dan terapi musik karawitan sekar gendhing( vokal dan Instrumen). 2) Terapi musik karawitan di Sekolah Autisme Bina Anggita Yogyakarta dapat dikatakan efektif karena anak mulai bisa berkomunikasi dua arah, membeo sudah berkurang, tingkat kefokusan yang dimiliki anak menjadi lebih meningkat sehingga terciptanya konsentrasi, anak yang semula tidak dapat memainkan alat musik gamelan kini dapat memainkannya, lebih bisa tenang dan menguasai diri. Kata Kunci: Terapi Musik, Karawitan dan Anak Autis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 24 Apr 2013 20:23
Last Modified: 10 Nov 2015 09:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7383

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum