EFEKTIVITAS METODE IQRA’ DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI MI MA’ARIF SEMBEGO SLEMAN YOGYAKARTA

AHMAD SYAIFULLOH , NIM. 08480049 (2013) EFEKTIVITAS METODE IQRA’ DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI MI MA’ARIF SEMBEGO SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE IQRA’ DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI MI MA’ARIF SEMBEGO SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE IQRA’ DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI MI MA’ARIF SEMBEGO SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)

Abstract

AHMAD SYAIFULLOH. Penerapan Efektivitas pembelajaran Al-Qur’an di MI Ma’arif Sembego Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang masalah penelitian ini adalah para siswa MI Ma’arif Sembego semenjak kelas I sudah mendapatkan mata pelajaran Al-Qur’an, yang berarti, dari pertama masuk sekolah mereka sudah diajarkan secara mendasar mengenai cara membaca Al-Qur’an. Namun demikian, ketika masuk kelas III dan dilakukan tes secara bersama teryata rata-rata kemampuan membaca Al-Qur’an siswa rendah. Hal tersebut didukung dengan tidak adanya kegiatan keagamaan di rumah khususnya TPA dan kurangnya perhatian orang tua yang sibuk dengan pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran mambaca Al- Qur’an dengan metode Iqra’ dan efektivitas metode Iqra’ di MI Ma’arif Sembego. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan subyektif, terhadap fenomena yang ada pada seluruh populasi melalui sampel yang penulis angkat sebagai subyek penelitian. Yang dimaksud subyek penelitian disini adalah sumber tempat untuk memperoleh keterangan penelitian. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan semple populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, metode dokumentasi, metode wawancara. Hasil penelitan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Iqra’ belum efektif. Dari hasil tabel di atas dapat diketahui bahwa peningkatan pada tingkat Al-Qur’an adalah 9.9%, hasil ini diperoleh dari selisih prosentase semester I dengan II. Dengan demikian dapat diartikan efektivitas pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Iqra’ pada siswa kelas I dan II MI Maarif Sembego tahun ajaran 2011/2012 mengalami kemajuan 9,9%. Angka kemajuan yang diperoleh belum dapat dikatakan berhasil karena pada akhir semester hanya dicapai angka 40.5% dari 84 siswa yang dapat menguasai tingkat Al-Qur’an. Kurangnya pencapaian pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Iqra tentu dipengaruhi oleh berbagai faktor baik intern atau ekstern. Kata Kunci: Efektivitas, Metode Iqra’, dan Pembelajaran Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 May 2013 16:18
Last Modified: 19 Jan 2017 08:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7518

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum