PENINGKATAN PEMBELAJARAN PAI PASCA PELAKSANAAN UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (UASBN PAI) ( Studi Kasus Di SMP Negeri 30 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012)

ALIFAH ASIH ROHMAH, NIM. 09410240 (2013) PENINGKATAN PEMBELAJARAN PAI PASCA PELAKSANAAN UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (UASBN PAI) ( Studi Kasus Di SMP Negeri 30 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN PEMBELAJARAN PAI PASCA PELAKSANAAN UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (UASBN PAI) ( Studi Kasus Di SMP Negeri 30 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012))
BAB II, III.pdf

Download (886kB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN PEMBELAJARAN PAI PASCA PELAKSANAAN UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (UASBN PAI) ( Studi Kasus Di SMP Negeri 30 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (427kB)

Abstract

ALIFAH ASIH ROHMAH. Peningkatan Pembelajaran PAI Pasca Pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Islam (UASBN PAI) Studi Kasus Di SMP Negeri 30 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa evaluasi pendidikan agama Islam tidak hanya mengukur aspek kognitif, tetapi harus mencakup semua aspek. Dengan adanya kebijakan UASBN PAI diharapkan mampu mengukur semua aspek pembelajaran dan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam. Namun pada realitanya soal yang digunakan dalam UASBN PAI dinilai hanya mengukur aspek kognitif dan kebijakan tersebut belum mampu meningkatkan kualitas pembelajaran secara signifikan. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang pelaksanaan UASBN PAI. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana karakteristik soal UASBN PAI tahun pelajaran 2011/2012 di SMP Negeri 30 Purworejo dan bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan pembelajaran setelah pelaksanaan UASBN PAI di SMP Negeri 30 Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang karakteristik soal UASBN PAI serta upaya guru PAI dalam meningkatkan pembelajaran PAI pasca pelaksanaan UASBN PAI di SMP Negeri 30 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Negeri 30 Purworejo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif-analitik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Karakteristik soal UASBN PAI tahun pelajaran 2011/2012 dapat dikategorikan: a) tingkat pemenuhan ranah soal kurang merata antara kognitif, afektif dan psikomotrik karena soal kognitif lebih dominan. b) telah sesuai dengan silabus yang digunakan oleh SMP Negeri 30 Purworejo dan indikator yang dipakai dalam soal kurang merata. c) telah sesuai dengan kisi-kisi soal. d) tergolong soal mudah versi 20 siswa di SMP Negeri 30 Purworejo. 2) Upaya guru PAI dalam meningkatkan pembelajaran pasca pelaksanaan UASBN PAI antara lain ditempuh melalui: a) profesionalisme guru yaitu dengan selalu berusaha melaksanakan tugas serta tanggungjawabnya dengan baik, menggunakan strategi PAIKEMI dan hafalan surat pendek dalam pembelajaran, pemantapan ingatan dan keterampilan siswa, mengikuti kegiatan workshop, meningkatkan penggunaan media pembelajaran. b) pengembangan dan pembinaan kurikulum yaitu dengan penertiban administrasi kurikulum PAI, peningkatan perolehan nilai siswa, lebih disiplin dalam penggunaan waktu pembelajaran, pengadaan kegiatan shalat dhuha dan tadarus. c) peningkatan fasilitas sumber belajar dan lingkungan yang digunakan yaitu dengan mengadakan perbaikan ruang kelas, menambah koleksi buku-buku perpustakaan dan perlengkapan beribadah, serta menciptakan suasana belajar dan iklim yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 02 May 2013 09:25
Last Modified: 28 Jul 2017 01:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7520

Actions (login required)

View Item View Item