UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DENGAN MEDIA VISUAL-KINESTETIK DI KELAS VII C MTS IBNUL QOYYIM PUTRI SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

ANNA MUSYAROFAH , NIM. 09420008 (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DENGAN MEDIA VISUAL-KINESTETIK DI KELAS VII C MTS IBNUL QOYYIM PUTRI SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DENGAN MEDIA VISUAL-KINESTETIK DI KELAS VII C MTS IBNUL QOYYIM PUTRI SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013 )
BAB II, III.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DENGAN MEDIA VISUAL-KINESTETIK DI KELAS VII C MTS IBNUL QOYYIM PUTRI SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Anna Musyarofah, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Dengan Media Visual-Kinestetik Di Kelas VII C MTs Ibnul Qoyyim Putri Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan Penelitian Tindakan Kelas yang peneliti lakukan adalah untuk mengetahui bahwa pembelajaran dengan media visual-kinestetik dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VII C MTs Ibnul Qoyyim Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Dilihat dari ranah kognitif, afektif dan psikomotorik siswa. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa, guru, kepala madrasah dan staf tata usaha (TU). Sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Penelitian ini dilakukan melalui empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Dari hasil analisis data, kesimpulan yang diperoleh dari pengkajian ini adalah: hasil rata-rata nilai kognitif pada siklus I untuk pre test yaitu 45.93 dan post test 69.63. Selanjutnya siklus II rata-rata pre test adalah 59.26 dan post test 81.48. Kemudian siklus III nilai rata-rata pre test adalah 68.15 dan post test 93.70. Sedangkan persentase ranah kognitif pada siklus I untuk pre test yaitu 12.4 % sedangkan post test sebesar 18.8 %. Selanjutnya pada siklus II persentase pre test diperoleh sebesar 16.0 % dan post test sebesar 22.0 %. Kemudian pada siklus III persentase pre test yaitu 18.4 % dan post test sebesar 25.3 %. Adapun hasil belajar ranah afektif pada siklus I diperoleh persentase sebesar 56.67 %, siklus II 70.00 % dan siklus III 90.00 %. Kemudian hasil belajar ranah psikomotorik pada siklus I diperoleh persentase sebesar 50.00%, siklus II 66.66 % dan siklus III 93.33 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media visual-kinestetik dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VII C di MTs Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta, baik dari ranah kognitif, afektif maupun psikomotorik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom -------For More Information -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 02 May 2013 09:36
Last Modified: 18 Apr 2017 02:02
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/7522

Actions (login required)

View Item View Item