PENGELOLAAN KELAS DALAM UPAYA MENANAMKAN KEDISIPLINAN SISWA (Studi Kasus Rumpun Guru PAI Kelas VIII MTs N Sumberagung Jetis Bantul Yogyakarta)

ARIFATUTH THOYYIBAH, NIM. 08470133 (2013) PENGELOLAAN KELAS DALAM UPAYA MENANAMKAN KEDISIPLINAN SISWA (Studi Kasus Rumpun Guru PAI Kelas VIII MTs N Sumberagung Jetis Bantul Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGELOLAAN KELAS DALAM UPAYA MENANAMKAN KEDISIPLINAN SISWA (Studi Kasus Rumpun Guru PAI Kelas VIII MTs N Sumberagung Jetis Bantul Yogyakarta))
BAB II, III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGELOLAAN KELAS DALAM UPAYA MENANAMKAN KEDISIPLINAN SISWA (Studi Kasus Rumpun Guru PAI Kelas VIII MTs N Sumberagung Jetis Bantul Yogyakarta))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)

Abstract

ARIFATUTH THOYYIBAH, Pengelolaan Kelas Dalam Upaya Menanamkan Kedisiplinan Siswa (Studi Kasus Guru Rumpun PAI Kelas VIII MTs N Sumberagung Jetis Bantul Yogyakarta), Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN SUNAN KALIJAGA, 2013 Latar belakang penelitian ini ialah bahwa kedisiplinan merupakan hal yang sangat penting agar madrasah menjadi sebuah lembaga pembentukan diri untuk mencapai kesuksesan. Berbagai perilaku yang terjadi di madrasah ini berupa terlambat datang, membolos, membuat gaduh saat proses pembelajaran berlangsung dan berbagai bentuk tindakan kurang disiplin lainnya. Oleh karena itu diperlukan pengelolaan kelas yang baik untuk mewujudkan pembelajaran yang optimal serta untuk mengendalikan perilaku siswa Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang Konsep pengelolaan kelas dan implementasi pendekatan yang digunakan dalam pegelolaan kelas. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk mengetahui sejauhmana keberhasilan guru PAI dalam menanamkan kedisiplinan kepada siswa melalui pengelolaan kelas, serta memberi sumbangan kepada MTs N Sumberagung tentang pentingnya pengelolaan kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang MTs N Sumberagung Jetis Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi (pengamatan), dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan kebsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi, yaitu dengan menggunakan sumber ganda serta metode ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) konsep pengelolaan kelas itu meliputi dimensi preventif (pencegahan) dan dimensi kuratif (penyembuhan). 2) efektifitas pengelolaan kelas oleh guru PAI adalah dengan melakukan persiapan yang matang sebelum proses pembelajaran serta memilih metode yang tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran. 3) strategi penanaman kedisiplinan siswa yaitu dengan menegakkan tata tertib secara tegas, diberlakukannya reward dan punishment, serta meningkatkan partisipasi siswa. 4) adapun teknik pembinaan disiplin itu melalui bimbingan dan nasihat guru, keteladanan guru dan pengawasan bersama. 5) pendekatan yang digunakan dalam pengelolaan kelas, yaitu pendekatan social-emosional, pendekatan bimbingan dan pendekatan perubahan tingkah laku. Kata Kunci: Pengelolaan dan Kedisiplinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 May 2013 16:44
Last Modified: 01 Mar 2017 11:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7524

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum