PENANAMAN NILAI-NILAI KEPEDULIAN SOSIAL MELALUI PEMBIASAAN INFAQ DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

ASMA’ ARIFAH , NIM. 08410132 (2013) PENANAMAN NILAI-NILAI KEPEDULIAN SOSIAL MELALUI PEMBIASAAN INFAQ DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI-NILAI KEPEDULIAN SOSIAL MELALUI PEMBIASAAN INFAQ DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf

Download (602kB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI-NILAI KEPEDULIAN SOSIAL MELALUI PEMBIASAAN INFAQ DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (489kB)

Abstract

ASMA’ ARIFAH. Penanaman Nilai-nilai Kepedulian Sosial Melalui Pembiasaan Infaq di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah nilai kepedulian sosial perlu diajarkan dalam kehidupan sehari-hari seorang anak baik di rumah maupun di sekolah, terutama pada anak usia remaja yang cenderung bersikap mementingkan dirinya sendiri. Kepedulian sosial termasuk di dalam nilai karakter bangsa, dan salah satu cara untuk menumbuhkannya melalui pembiasaan infaq. Dalam kenyataannya baik guru maupun orang tua terkadang tidak mau berinfaq karena secara fitrah manusia memiliki sifat kikir dan cinta terhadap harta dunia. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: apa saja yang melatarbelakangi kegiatan infaq di SMP N 15 Yogyakarta, dan apa saja nilai-nilai kepedulian sosial melalui infaq di SMP N 15 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pelaksanaan infaq sebagai sarana menanamkan nilai-nilai kepedulian sosial di SMP N 15 Yogyakarta serta kendalakendala yang dihadapi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan pelaksanaan penanaman nilai-nilai kepedulian sosial melalui pembiasaan infaq maupun kegiatan lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif, dengan mengambil latar SMP N 15 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis makna, penalaran, definisi, situasi tertentu. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tujuan pelaksanaan infaq sebagai sarana penanaman nilai-nilai kepedulian sosial adalah untuk menjalankan misi SMP N 15 Yogyakarta yang pertama, yaitu menumbuhkan dan mengembangkan penghayatan terhadap agama yang dianut, serta sabagai upaya menumbuhkan nilai karakter bangsa melalui keteladanan dan pembiasaan. (2) Nilai-nilai yang terkandung dalam pelaksanaan infaq di SMP N 15 Yogyakarta adalah tentang bagaimana kita menyelami penderitaan dan kesulitan orang lain, dengan menyelami kesulitan hidup orang lain, maka kita sebagai manusia akan lebih menghargai apa yang kita miliki dan selalu bersyukur dengan apa yang kita miliki tersebut. Dengan berinfaq kita telah bersyukur atas apa yang telah Allah berikan kepada kita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 02 May 2013 09:47
Last Modified: 28 Jul 2017 01:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7525

Actions (login required)

View Item View Item