PROBLEMATIKA HAFALAN MUFRODAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

CHOLIFATUL MUFIDAH , NIM. 09420202 (2013) PROBLEMATIKA HAFALAN MUFRODAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA HAFALAN MUFRODAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf

Download (20MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA HAFALAN MUFRODAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)

Abstract

Cholifatul Mufidah (09420202). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab dalam Hafalan Mufrodat di MTs Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika yang dialami oleh guru dan siswa dalam hafalan mufrodat di MTs Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta, serta usaha yang dilakukan oleh guru dan siswa dalam menghadapi problem tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan melakukan penelitian di MTs Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Sedangkan pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika pembelajaran bahasa Arab dalam hafalan mufrodat di MTs Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta yaitu bahwa siswa masih kesulitan memahami teks bahasa Arab, baik menerjemahkan mufrodat bahasa Arab, menuliskan huruf Arab, maupun membaca teks Arab. Selain faktor kebahasaan sendiri siswa juga mengalami problem berupa lingkungan yang kondusif untuk menghafal, waktu yang sempit karena mereka mmepunyai kegiatan yang padat di asrama, serta media pembelajaran ynag kurang memadai. Oleh kerana itu, usaha yang dilakukan untuk mengatasi problem tersebut yakni siswa harus belajar bahasa Arab dengan rajin dan menghafal mufrodat yang telah dipelajari setiap hari. Guru juga harus lebih memotivasi siswa dalam menghafal, menambah sarana untuk menghafal mufrodat, serta mengadakan evaluasi secara lisan untuk mengecek hafalan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 May 2013 17:00
Last Modified: 18 Apr 2017 15:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7528

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum