STRATEGI PENGEMBANGAN MADRASAH IBTIDAIYAH OLEH LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU BANTUL

DANANG KURNIAWAN, NIM. 09480125 (2013) STRATEGI PENGEMBANGAN MADRASAH IBTIDAIYAH OLEH LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENGEMBANGAN MADRASAH IBTIDAIYAH OLEH LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU BANTUL)
BAB II, III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENGEMBANGAN MADRASAH IBTIDAIYAH OLEH LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU BANTUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (431kB)

Abstract

DANANG KURNIAWAN, “Strategi Pengembangan Madrasah Ibtidaiyah oleh LP Ma’arif NU Bantul”. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2013. LP Ma’arif NU sebagai salah satu aparat departementasi pelaksana kebijakan NU bidang pendidikan mempunyai tugas untuk menyelenggarakan, mengelola, dan membina lembaga pendidikan baik formal maupun non-formal selain pondok pesantren yang berhaluan Ahlussunnah waljamaah. Tugas LP Ma’arif NU yaitu mengelola dan membina berbagai jenis dan jenjang lembaga pendidikan NU, termasuk Madrasah Ibtidaiyah di dalamnya. Dalam menjalankan fungsi dan tugasnya, LP Ma’arif NU banyak menghadapi problematika baik dari intern lembaga, maupun ekstern lembaga, sehingga dalam banyak hal, lembaga-lembaga pendidikan binaan LP Ma’arif seringkali ketinggalan dibanding dengan sekolah-sekolah yang dibina oleh Muhammadiyah. Dengan lahirnya berbagai kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan, termasuk otonomi daerah, desentralisasi pendidikan dan penerapan manajemen berbasis madrasah (MBM), nampaknya memberikan kesempatan yang lebih luas khususnya bagi lembaga-lembaga pendidikan swasta termasuk LP Ma’arif NU untuk mengembangkan diri secara optimal. Penelitian ini difokuskan pada persoalan: strategi pengembangan MI oleh LP Maarif NU Cabang Kabupaten Bantul yang meliputi segi internal maupun eksternal. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan paradigma alamiah. Jenis kualitatif deskriptif menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi, dan triangulasi serta menggunakan teknik analisis data model interaktif, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan fokus penelitian, maka temuan penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: pengembangan mutu siswa dilakukan dengan berbagai kegiatan yang terumuskan pada tiga indikator utama, yaitu tercapainya atau terlampauinya standar nasional, Kompetitif , memenuhi harapan stakeholder madrasah. Upaya peningkatan pendidik dan tenaga kependidikan dilakukan diantaranya dengan merekomendasikan bea siswa kepada guru-guru agar melanjutkan pendidikannya, memberikan fasilitas bagi pengembangan profesi guru, mengaktifkan kegiatan MGMP/KKM Aswaja dan ke-NU-an, dan melakukan studi banding. Upaya pengembangan kurikulum diantaranya dengan memfasilitasi madrasah dengan kegiatan focus group discussion, seminar, maupun pelatihan, menambah kurikulum aswaja dan ke-NU-an mulai kelas 4 di Madrasah Ibtidaiyah. Upaya meningkatkan kualitas kelembagaan melalui manajemen madrasah di antaranya melalui pengangkatan kepala madrasah, melakukan periodesasi kepemimpinan kepala madrasah, menumbuhkan sistem otonomi kepada madrasah, membentuk tenaga teknis untuk pengawasan madrasah, dan membangun forum komunikasi madrasah. Upaya peningkatan sarana dan pra sarana madrasah dilakukan dengan memonitoring madrasah secara terperiodik, dan sebagai fasilitator madrasah dengan pihak ke tiga. Upaya mengembangkan madrasah ibtidayah menghadapi persepsi masyarakat dan deskriminasi pemerintah yang cenderung deskriminatif diantara lain melalui: Membangun kerjasama ke dalam lingkungan madrasah dan Membangun kerjasama ke luar lingkungan madrasah. Faktor penghambat yang dialami LP Ma’arif NU Bantul antara lain adanya dikotomi antara NU dan Muhammadiyah di masyarakat, keterbatasan dana, mindset sebagian masyarakat yang menganggap Madrasah sebagai institusi pendidikan pilihan ke dua, kesejahteraan guru yang belum maksimal, dan keterbatasan dana yang dimiliki lembaga. Faktor pendukung yang ada pada LP Ma’arif NU Bantul antara lain yaitu dukungan masyarakat dan merupakan sekolah umum yang berbasis Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 02 May 2013 10:13
Last Modified: 28 Aug 2017 01:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7529

Actions (login required)

View Item View Item