STUDI KOMPARASI KITAB TAISIR AL-KHALLAQ KARYA HAFIZ HASAN AL-MAS’UDI DAN KITAB WASAYA AL-ABA’ LI AL-ABNA’ KARYA MUHAMMAD SYAKIR AL-ISKANDARI (STUDI ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK)

DIAN DINARNI , NIM. 09410008 (2013) STUDI KOMPARASI KITAB TAISIR AL-KHALLAQ KARYA HAFIZ HASAN AL-MAS’UDI DAN KITAB WASAYA AL-ABA’ LI AL-ABNA’ KARYA MUHAMMAD SYAKIR AL-ISKANDARI (STUDI ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI KITAB TAISIR AL-KHALLAQ KARYA HAFIZ HASAN AL-MAS’UDI DAN KITAB WASAYA AL-ABA’ LI AL-ABNA’ KARYA MUHAMMAD SYAKIR AL-ISKANDARI (STUDI ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK))
BAB II, III, IV.pdf

Download (21MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI KITAB TAISIR AL-KHALLAQ KARYA HAFIZ HASAN AL-MAS’UDI DAN KITAB WASAYA AL-ABA’ LI AL-ABNA’ KARYA MUHAMMAD SYAKIR AL-ISKANDARI (STUDI ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)

Abstract

DIAN DINARNI. Studi Komparasi Kitab Taisir al-Khallaq Karya Hafiz Hasan al-Mas’udi dan Kitab Wasa ya al-Aba’ li al-Abna’ Karya Muha mmad Syakir al-Iskandari (Studi Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah dengan adanya kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan yang berkembang secara menyeluruh, menjadikan era globalisasi penuh dengan kecanggihan yang tidak hanya berlangsung dalam wilayah kehidupan material, seperti: ekonomi, politik, budaya, tetapi kini proses tersebut meliputi wilayah non materi seperti akhlak. Kerusakan nilai-nilai akhlak pada umumnya disebabkan karena kegetiran yang dirasakan oleh manusia secara individu, masyarakat, maupun ummat. Oleh sebab itu, kitab Taisir al-Khallaq Karya Hafiz Ha san al-Mas’udi dan Kitab Wasa ya al-Aba’ li al-Abna’ Karya Muhammad Syakir al-Iskandari ini menyodorkan kepada umat muslim yang beriman, bagaimana seharusnya bertindak dan bersikap agar tidak terjerumus kepada perbuatan-perbuatan negative yang memprihatinkan dengan moralitas generasi muda sekarang dan tentunya di masa yang akan datang. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah Nilai pendidikan apa saja yang terdapat dalam kitab Taisir al-Khallaq Karya Hafiz Ha san al-Mas’udi dan Kitab Wasa ya al-Aba’ li al-Abna’ Karya Muhammad Syakir al-Iskandari, dan Bagaimana relevansi nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Taisir al-Khallaq Karya Hafiz Hasan al-Mas’udi dengan nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Wasa ya al-Aba’ li al-Abna’ Karya Muhammad Syakir al-Iskandari dalam menghadapi era globalisasi. Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis perbandingan nilai-nilai pendidikan akhlak menurut Hafiz Hasan al- Mas’udi dalam kitab Taisir al-Khallaq dengan Muhammad Syakir al-Iskandari dalam kitab Wasa ya al-Aba’ li al-Abna’. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangsih bagi dunia pendidikan, atau paling tidak menjadi alternative wacana pembentukan karakter dan kepribadian peserta didik, untuk pertimbangan para pemangku pendidikan atau guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, melalui studi pustaka (library research). Dalam hal ini, kitab Taisir al-Khallaq dan kitab Wasa ya al- Aba’ li al-Abna’ menjadi obyek formal penelitian. Metode pengolahan data yang dipakai adalah metode deskriptif-analitik, yaitu setelah data terkumpul, kemudian diklasifikasikan sesuai dengan masalah yang dibahas dan dianalisis isinya (content analysis). Atau membandingkan data yang satu dengan yang lainnya, kemudian diinterpretasikan dan disimpulkan. Hasil penelitian menunujukkan: (1) Nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Taisir al-Khallaq karya Hafiz Hasan al-Mas’udi dan kitab Wasaya al- Aba’ li al-Abna’ karya Muhammad Syakir al-Iskandari adalah terdiri dari: Nilai Religius (taqwa, jujur), Nilai Toleransi (saling menghormati dan menghargai, serta kasih sayang), Nilai Mandiri, Nilai Demokrasi (berdiskusi), Nilai Semangat Kebangsaan (berjiwa ksatria dan perwira), Nilai Bersahabat/ Komunikasi (saling membantu, kasih sayang, perhatian), Nilai Cinta Damai (pemaaf, pemurah), Nilai Gemar Membaca (tekut dalam belajar), Nilai Peduli Lingkungan (menjaga kebersihan melestarikan lingkungan hidup), Nilai Peduli Sosial (saling membantu, dermawan), dan Nilai Tanggung jawab (adil). Yang mencakup kepada sikap dan perilaku dalam hubungannya dengan Allah, sikap dan perilaku dalam hubungannya dengan diri sendiri, sikap dan perilaku dalam hubungannya dengan keluarga, sikap dan perilaku dalam hubungannya dengan masyarakat dan bangsa, serta sikap dan perilaku dalam hubungannya dengan alam sekitar. (2) Relevansi Kitab Taisir al-Khallaq karya Hafiz Hasan al-Mas’udi dan Kitab Wasa y a al-Aba’ li al-Abna’ karya Muhammad Syakir al-Iskandari, adalah dapat dijadikan acuan atau pedoman untuk melaksanakan setiap perilaku (akhlak), serta untuk menggali semua nilai syari’at, akhlak, alamiah maupun insaniyah yang kemudian direalisasikan dalam kehidupan nyata. Sehingga dapat menguasai ilmu pengetahuan secara professional, memanfaatkan teknologi secara baik, dan mempunyai skill yang memadai, maka umat Islam mampu bersaing dengan umat lain dan memenangkan persaingan zaman. Sehingga relevansi nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam ke-dua kitab tersebut dalam menghadapi era globalisasi, diharapkan agar umat Islam tetap berpegang kepada tuntunan agama dan mematuhi suruhan dan larangan Allah SWT, baik secara ontologism, epistemologis, maupun secara aksiologis. (3) Perbandingan antara kedua kitab tersebut adalah sebagai berikut: Persamaannya: kedua tokohnya, merupakan ulama Islam, dalam menerapkan pendidikan akhlak, keduanya sama-sama mendasarkan pada ajaran al-Qur’an dan al-Hadis. Perbedaannya: dalam mengartikan pengertian pendidikan akhlak, penjelasan mengenai nilai pendidikan akhlak, serta dalam penyampain intruksi. Tetapi perbedaan yang ada dalam kedua kitab di atas bukanlah perbedaan yang bersifat kontradiktif (bertentangan), sehingga justru akan saling melengkapi dan menyempurnakan nilai-nilai pendidikan akhlak yang harus dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 May 2013 17:35
Last Modified: 28 Jul 2017 13:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7532

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum