MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DI SMA N 1 WONOSARI, GUNUNG KIDUL

DWI PUJI LESTARI, NIM. 09410066 (2012) MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DI SMA N 1 WONOSARI, GUNUNG KIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DI SMA N 1 WONOSARI, GUNUNG KIDUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (613kB) | Preview
[img] Text (MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DI SMA N 1 WONOSARI, GUNUNG KIDUL)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Dwi Puji Lestari. Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multikultural SMA N 1 Wonosari. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012 Latar belakang Penelitian ini adalah pendidikan Agama Islam selama ini masih diajarkan dengan menafikan perbedaaan yang ada di dalam kehidupan masyarakat terutama menafikan perbedaan agama. Ajaran yang demikian akan menimbulkan sikap eksklusifisme dalam diri peserta didik sehingga ketika mereka menemukan perbedaan yang berada diluar dirinya akan merasa tidak nyaman dan timbul perasaan untuk memusuhi, mengucilkan bahkan menghancurkan. Baru-baru ini dunia pendidikan menemukan model baru untuk menjembatani pendidikan agama Islam yang masih bercorak konvensional yaitu model pendidikan Agama Islam yang berbasis multikultural, pendidikan ini merupakan pendidikan yang mengedepankan sikap demokratris, inclusive, toleran. SMA N 1 Wonosari merupakan salah satu SMA multikultural dimana sisi multikultural tersebut dapat dilihat dari segi Agamanya, kulturnya, gendernya maupun status sosialnya yang berbeda-beda. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran pendidikan Agama Islam berbasis multikultural yang telah diterapkan SMA tersebut sehingga hal-hal yang harus diungkapkan adalah bagaimana model pembelajaran pendidikan Agama Islam berbasis multikultural di SMA N 1 Wonosari, rencana pelaksanaan pembelajaraannya, proses pembelajaranya, dan evalusinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran pendidikan Agama Islam berbasis multukultural yang telah diterapkan oleh SMA N 1 Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research), dengan mengambil lokasi penelitian di SMA N 1 Wonosari. Motede pengumpulan datanya dengan mengunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya dengan menganalisa data yang dikumpulkan kemudian diambil kesimpulan dan pemeriksaan keabsahannya dengan mengunakan triangulasi. Hasil penelitiannya adalah (1). SMA N 1 Wonosari telah menerapkan model pendidikan Agama Islam berbasis multikultural dengan mengunakan pendekatan problem solving dan basic experience dalam rangka membentuk akhlak peserta didik baik itu akhlak dengan sesama manusia maupun dengan Allah. (2). Rencana pelaksanaan pembelajaran mengambarkan suasana pendidikan yang dialogis sehingga mampu membentuk karakter toleransi, kritis dan demokratis dalam diri siswa. (3). Proses pembelajarannya mengambarkan suasana pembelajaran yang dialogis dan berpusat pada peserta didik atau subject oriented. (4). Evaluasinya berorientasi pada proses yang meliputi keaktifan siswa dan kekritisan dalam menyikapi masalah yang diajukan guru serta sikap-sikap siswa dalam lingkungan sekolah. Kata kunci: Pendidikan Agama Islam-model pembelajaran PAI berbasis multikultural

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 May 2013 17:44
Last Modified: 28 Jul 2017 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7535

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum