PENERAPAN STRATEGI ACTIVE DEBATE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XD DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA

FARICHATUN CHASANAH , NIM. 08410206 (2012) PENERAPAN STRATEGI ACTIVE DEBATE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XD DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI ACTIVE DEBATE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XD DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (544kB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI ACTIVE DEBATE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XD DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)

Abstract

FARICHATUN CHASANAH. Penerapan Strategi Active Debate Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XD Dalam Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XD dalam pembelajaran Fiqih di MA Ali Maksum Krapyak yang disebabkan oleh metode dan strategi pembelajaran yang diterapkan guru kurang maksimal, sehingga suasana belajar menjadi kurang menarik dan membosankan. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran terutama dalam hal keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan strategi Active Debate dalam pembelajaran Fiqih di MA Ali Maksum setelah strategi tersebut diterapkan. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kualitatif, dengan mengambil latar MA Ali Maksum. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan yakni makna dan proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui tindakan yang dilakukan. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tindakan kelas mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Penerapan strategi active debate ini lebih melibatkan siswa, siswa jauh lebih aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Disamping itu siswa juga berlatih untuk mengajarkan materi pelajaran kepada temannya dan menciptakan suasana kelas menjadi menyenangkan. Dengan demikian diharapkan siswa mempunyai pengalaman dalam belajar dan tidak mudah untuk melupakan materi pelajaran. Keaktifan dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang cukup baik. Adapun prosentasenya adalah sebagai berikut: Hasil Angket keaktifan siswa siklus I sebesar 71,28 dengan kualifikasi tinggi, dan pada siklus II menunjukkan kenaikan sebesar 7,89 % sehingga menjadi 79,17 % dengan kualifikasi tinggi. Kemudian hasil observasi keaktifan siswa menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I sebesar 70 % dengan kualifikasi tinggi dan pada siklus II menunjukkan kenaikan sebesar 12 % sehingga menjadi 82 % dengan kualifikasi sangat tinggi. Kemudian untuk hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yang cukup baik pula. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 78 dengan kategori baik, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas sebesar 82 dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 May 2013 15:30
Last Modified: 03 May 2013 15:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7546

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum