PENERAPAN METODE DRILL DALAM PENINGKATAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII A MTs NEGERI PUNDONG BANTUL

NURUL AINI , NIM. 09420139 (2013) PENERAPAN METODE DRILL DALAM PENINGKATAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII A MTs NEGERI PUNDONG BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE DRILL DALAM PENINGKATAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII A MTs NEGERI PUNDONG BANTUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE DRILL DALAM PENINGKATAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII A MTs NEGERI PUNDONG BANTUL)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)

Abstract

NURUL AINI. Penerapan Metode Drill dalam Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab pada Siswa Kelas VIII A MTs Negeri Pundong Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan metode drill dalam peningkatan penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa kelas VIII A MTs Negeri Pundong Bantul, (2) mengetahui seberapa efektif penerapan metode drill dalam peningkatan penguasan kosa kata bahasa Arab siswa kelas VIII A MTs Negeri Pundong Bantul. Penelitian ini bersifat kualitatif, mengambil lokasi di MTs Negeri Pundong Bantul Tahun ajaran 2012/2013. Sedangkan jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII A MTsN Pundong Bantul yang berjumlah 15 orang terdiri dari 6 orang siswa putra dan 9 orang siswi putri. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, dokumentasi, lembar soal pre-test, post-test dan evaluasi. Tahap analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data yang sudah didapatkan kemudian dianalisis dengan teori-teri dan konsep-konsep yang besifat umum dan terkait dengan fakta untuk mengoreksi atau menyelidiki persoalan tersebut. Adapun kegiatan penelitian ini meliputi perencanaan (planing), tindakan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian ini menunjukkan dua kesimpulan utama : (1) pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam tiga siklus, setiap siklusnya terdiri dari tiga kali pertemuan. (2) setelah diterapkannya metode drill dengan model latihan yang bervariasi dan tidak monoton dalam pembelajaran bahasa Arab, penguasaan kosa kata siswa mengalami peningkatan. Hal ini terlihat pada nilai rata-rata pre-test, post-test dan evaluasi pada siklus I meningkat dari 49,0 menjadi 63,0 dan 80,0. Pada siklus II nilai rata-rata pre-test, post-test, dan evaluasi meningkat dari 55,6 menjadi 74,1 dan 89,7. Sedangkan pada siklus III nilai ratarata pre-test, post-test, dan evaluasi meningkat dari 60,0 menjadi 89,0 dan 91,1. Dari peningkatan tersebut dapat dikatakan bahwa penerapan metode drill dengan model latihan yang bervariasi dan tidak monoton sangat efektif untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa. Kata Kunci: Metode drill, kosa kata dan efektif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 May 2013 17:03
Last Modified: 02 May 2017 13:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7557

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum