KORELASI PEMIKIRAN IBNU KHALDUN DAN PAULO FREIRE TENTANG KONSEP MANUSIA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM

SUGENG FITRI AJI , NIM: 09410177 (2013) KORELASI PEMIKIRAN IBNU KHALDUN DAN PAULO FREIRE TENTANG KONSEP MANUSIA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KORELASI PEMIKIRAN IBNU KHALDUN DAN PAULO FREIRE TENTANG KONSEP MANUSIA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KORELASI PEMIKIRAN IBNU KHALDUN DAN PAULO FREIRE TENTANG KONSEP MANUSIA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)

Abstract

SUGENG FITRI AJI. Korelasi Pemikiran Ibnu Khaldun dan Paulo Freire Tentang Konsep Manusia dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa sejarah telah mencatat, pemikiran Ibnu Khaldun dan Paulo Freire telah meninggalkan pengaruh yang begitu besar dalam perkembangan ilmu pengetahuan di dunia. Pengetahuan keilmuan yang ditunjukan Ibnu Khaldun melalui pemikirannya sangat terkemuka di dunia Islam bahkan pemikirannya dikagumi oleh kalangan ilmuwan barat. Begitu juga dengan Paulo Freire, popularitas pemikiranya, keluasan intelektualnya tentang kritik pendidikan “gaya bank” menjadikan dirinya dikenal di dunia. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaiamana konsep Ibnu Khalun dan Paulo Freire tentang manusia, bagaimana korelasi konsep Ibnu Khalun dan Paulo Freire tentang manusia, dan bagaimana implikasinya terhadap pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisa secara kritis tentang konsep manusia menurut Ibnu Khaldun dan Paulo Freire, korelasi pemikiran Ibnu Khaldun dan Paulo Freire serta implikasinya terhadap pendidikan Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk menyempurnakan perumusan konsep pendidikan Islam yang ideal dengan perkembangan zaman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang mengambil latar pemikiran tokoh Ibnu Khaldun dan Paulo Freire tentang konsep manusia. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Analsisis data dilakukan dengan memberikan makna yang tersebunyi terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Ibnu Khaldun dan Paulo Freire memiliki korelasi pemikiran, yaitu bahwa manusia adalah makhluk berpikirpraksis dan makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Kemampuan berpikir ini yang membedakan dengan makhluk lain, dan manusia harus mengoptimalkan potensi berpikir ini melalui dunia pendidikan. Ini menjadi sebuah keharusan, guna menjaga eksistensi manusia dimuka bumi, dengan berpikir kritis yang maksimal manusia mampu untuk saling menjaga agar manusia lebih beradab dan tidak menimbulkan watak kebuasannya. Tujuan manusia adalah untuk berjuang menjadi subyek kehidupan dan melaksanakan amanat Tuhan untuk pemimpin di muka bumi, yaitu usaha mengelola, memakmurkan, memelihara bumi ini untuk kesejahteraan bersama. Oleh karena itu, pendidikan Islam seharusnya dapat menjadi sarana paling strategis sebagai optimalisasi potensi berpikir manusia dengan mengunakan konsep kurikulum integratifkomperhensif, serta berlandaskan paradigma pendidikan Islam yang spiritualkritis- transformatif. Tujuan pendidikan Islam ialah memberikan jalan pertumbuhan dan perkembangan secara holistik dalam segala aspek spiritual, intelektual, dan emosional untuk menjadi manusia yang kritis dan humanis (insan kamil). Metode yang digunakan dalam pendidikan Islam seharusnya ialah metode yang terbuka, partisipatoris, dan dialogis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 May 2013 21:15
Last Modified: 24 Aug 2018 15:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7575

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum