PROGRAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN RELIGIUSITAS NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS IIA WIROGUNAN YOGYAKARTA

SHIFA RAFIKA, NIM. 09410025 (2013) PROGRAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN RELIGIUSITAS NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS IIA WIROGUNAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROGRAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN RELIGIUSITAS NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS IIA WIROGUNAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN RELIGIUSITAS NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS IIA WIROGUNAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (984kB)

Abstract

SHIFA RAFIKA. Program Pembelajaran Al-Qur’an sebagai Upaya Peningkatan Religiusitas Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Wirogunan Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pelaksanaan program pembelajaran Al-Qur’an yang mencakup tujuan, sistem pengikutsertaan peserta pembelajaran, materi yang disampaikan, metode pembelajaran yang digunakan, pengajar dan sarana prasarana. Serta hasil yang dicapai yang memuat alasan pengikutsertaan pembelajaran, pembelajaran, hambatan pembelajaran, tanggapan dan hasil berupa pengetahuan agama, pengalaman beragama, praktik agama dan kedalaman spiritual. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan saran dan pemikiran dari adanya program pembelajaran Al-Qur’an guna memperbaiki tindak tanduk sebagai calon guru Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna tersebut akan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Program pembelajaran Al-Qur’an yang ada di Lapas mendapat respon yang antusias dari narapidana. 2) Metode pembelajaran yang dilakukan pengajar dapat diterima oleh narapidana. 3) Dari program tersebut banyak peningkatan-peningkatan yang terjadi, yakni terhadap pengetahuan agama yang dibuktikan dengan kemampuan mereka dalam membaca Iqro’, Al-Qur’an dan hafalan Al-Qur’an, meski hal itu membutuhkan usaha keras dan proses yang cukup panjang. Pengalaman beragama yang dirasakan oleh beberapa narapidana sehingga saat ini mereka tersadar dan berubah. Praktik ibadah yang meningkat seperti membaca Iqro’, Al-Qur’an dan terjemah ayat. Serta kedalaman spiritual yang meningkat, dibuktikan dengan adanya beberapa narapidana yang berubah akhlak dan menemukan ketenangan setelah berada di penjara. 4) hambatan pembelajaran ini adalah adanya narapidana yang dipekerjakan oleh bimker, sehingga jarang mengikuti pembelajaran Al-Qur’an atau tidak mengikuti sama sekali, kurang istiqomahnya pendidik Iqro’ dan Al- Qur’an dari luar Lapas, serta kurangnya sarana meja dan papan tulis bagi narapidana wanita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 May 2013 21:44
Last Modified: 24 Aug 2018 16:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7581

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum