KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM UU SISDIKNAS NO 20 TAHUN 2003 (Analisis Hermeneutika Nasr Hamid Abu Zayd)

HENDRI PURBO WASESO , NIM. 08410001 (2013) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM UU SISDIKNAS NO 20 TAHUN 2003 (Analisis Hermeneutika Nasr Hamid Abu Zayd). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM UU SISDIKNAS NO 20 TAHUN 2003 (Analisis Hermeneutika Nasr Hamid Abu Zayd) )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM UU SISDIKNAS NO 20 TAHUN 2003 (Analisis Hermeneutika Nasr Hamid Abu Zayd) )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hendri Purbo Waseso, Konsep Pendidikan Islam Dalam UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003 (Analisis Hermeneutika Nasr Hamid Abu Zayd). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Penelitian ini berangkat dari persoalan perkembangan dan kemajuan peradaban yang dicapai manusia modern telah mencapai puncaknya dan sekaligus titik jenuh sehingga berimbas pada tuntutan pendidikan Islam untuk merekonseptualisasi pendidikan Islam yang bisa dijadikan salah satu alternative dalam merespon realitas sekarang. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep pendidikan Islam yang terdapat dalam UU Sisdiknas No 20/2003 dilihat dari makna (dalalah) teksnya. Kemudian dianalisa secara hermeneutis, signifikansi konsep pendidikan Islam dalam UU Sisdiknas No 20/2003 yang dikaitkan dengan konteks kekinian. Proses pencarian makna (dalalah) sampai pada ditemukannya signifikansi (magza) tersebut merupakan cara kerja hermeneutika yang ditawarkan oleh Nasr Hamid Abu Zayd. Dengan penelitian ini, diharapkan menjadi titik awal dalam kajian hermeneutika yang dikaitkan dengan pendidikan Islam. Lebih dari itu, reproduksi makna dalam teks undang-undang pendidikan menjadi suatu keharusan dalam rangka penyelenggaraan pendidikan berbasis obyektif sekaligus relativis. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan/library research, yaitu data-data yang mendukung penelitian ini berasal dari sumber pustaka. Dalam menghimpun data, peneliti mendapatkannya dari dua macam sumber, yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis, yaitu penelitian yang menggambarkan konsep pendidikan Islam dalam UU Sisdiknas No 20/2003 kemudian dianalisis menggunakan hermeneutika Nasr Hamid Abu Zayd. Skripi ini menggunakan pendekatan hermeneutis, yaitu pendekatan yang digunakan agar terbentuk suatu pemahaman yang lebih produktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan Islam terdiri dari beberapa dimensi pendidikan Islam yaitu a) prinsip pendidikan meliputi, prinsip persamaan, prinsip integrasi, prinsip keseimbangan, dan prinsip pendidikan sepanjang hayat, b) tujuan pendidikan Islam, yaitu terwujudnya peserta didik yang memiliki iman, takwa dan akhlak mulia serta bertanggungjawab, c) metode keteladanan, yaitu pendidik menjadi model utama peserta didik, d) pendidik, yaitu seseorang yang memberi teladan dan memiliki kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual, e) pendidikan Islam dalam dua makna, yaitu pendidikan Islam sebagai suatu mata pelajaran dalam satuan pendidikan dan pendidikan Islam sebagai lembaga pendidikan yang memiliki kekhasan nama seperti “Madrasah, sekolah Islam, pesantren, dan dinniyah”. Kemudian signifikansi dari konsep pendidikan Islam dalam UU Sisdiknas No 20/2003 dalam konteks pendidikan Islam kekinian adalah sebagai berikut: a) pendidikan Islam sangat tepat jika dijadikan paradigma dari pendidikan Nasional. b) maksimalisasi dari implikasi pengakuan pendidikan Islam dalam sistem pendidikan Nasional dapat diawali oleh para pengelola lembaga pendidikan Islam, c) PAI sebagai mata pelajaran diartikan sebagai suatu proses yang wajib dilaksanakan disetiap jalur, jenjang, dan tingkat satuan pendidikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional yang bermuara pada peningkatan iman dan takwa peserta didik, d) Pendidik dalam pendidikan Islam harus mampu untuk mengalihkan atau menyaring efek konsumsi kecanggihan teknologi melalui pendekatan keteladanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 May 2013 16:10
Last Modified: 28 Jul 2017 16:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7583

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum