PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA MEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEGIATAN REMAJA MASJID (REMAS) BAITUL HIKMAH SMA NEGERI 3 BANTUL YOGYAKARTA

HUSNI MUBAROK , NIM. 08410069 (2013) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA MEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEGIATAN REMAJA MASJID (REMAS) BAITUL HIKMAH SMA NEGERI 3 BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA MEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEGIATAN REMAJA MASJID (REMAS) BAITUL HIKMAH SMA NEGERI 3 BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf

Download (313MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA MEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEGIATAN REMAJA MASJID (REMAS) BAITUL HIKMAH SMA NEGERI 3 BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

HUSNI MUBAROK. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Upaya Mewujudkan Pendidikan Karakter pada Kegiatan “Remaja Masjid” (REMAS) Baitul Hikmah SMA Negeri 3 Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah berawal dari semakin banyaknya permasalahan dan kasus-kasus sosial yang dialami oleh para remaja khususnya peserta didik tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), yang permasalahan tersebut merupakan akibat dari mulai lunturnya nilai-nilai karakter yang ada dalam diri masing-masing peserta didik. Begitupun juga yang terjadi pada peserta didik khususnya para pengurus dan anggota Remaja Masjid (REMAS) Baitul Hikmah di SMA Negeri 3 Bantul Yogyakarta, di sanapun tidak luput dari objek pengaruh budaya luar. Lunturnya nilai-nilai pendidikan karakter juga terjadi karena kurangnya peran dari guru PAI dalam memantau perilaku dan pergaulan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis peran dan upaya guru PAI dengan segala macam upayanya mewujudkan pendidikan karakter melalui kegiatan REMAS Baitul Hikmah di SMA Negeri 3 Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Negeri 3 Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dengan mengadakan observasi atau pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi pendidikan. Pendekatan ini dipilih karena pada asasnya adalah sebuah disiplin psikologi yang khusus mempelajari, meneliti dan membahas seluruh tingkah laku manusia yang terlibat dalam proses pendidikan. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang sudah diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis agar dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data tersebut di atas dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) peran guru PAI sebagai konseptor, 2) peran guru PAI sebagai pembina REMAS, 3) peran guru PAI sebagai pembimbing REMAS, 4) peran guru PAI sebagai penasihat REMAS. Upaya guru PAI dalam mewujudkan pendidikan karakter di SMA Negeri 3 Bantul melalui kegiatan REMAS adalah: 1) menjadi seorang suri teladan, 2) intensifitas bimbingan, 3) Integrasi Kurikulum, 4) pemaksimalan kontribusi pengelola sekolah, 5) evaluasi. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa peran guru PAI dalam mewujudkan pendidikan karakter melalui kegiatan REMAS Baitul Hikmah dilaksanakan setiap hari di saat kegiatan persekolahan berlangsung, dan upayaupaya yang dilakukan terkait itu semua sudah berjalan dengan baik, hanya perlu ditingkatkan agar lebih maksimal dan mencapai hasil sesuai yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 06 May 2013 09:18
Last Modified: 28 Jul 2017 09:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7585

Actions (login required)

View Item View Item