KISWATUN KHASANAH , NIM. 08420174 (2013) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MUFRODAT DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN KALAM (EKSPRESI LISAN) SANTRI PUTRI KELAS MUBTADI’ PONDOK PESANTREN DARUL AMANAH SUKOREJO KENDAL TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.
|
Text (EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MUFRODAT DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN KALAM (EKSPRESI LISAN) SANTRI PUTRI KELAS MUBTADI’ PONDOK PESANTREN DARUL AMANAH SUKOREJO KENDAL TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB II, III.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text (EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MUFRODAT DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN KALAM (EKSPRESI LISAN) SANTRI PUTRI KELAS MUBTADI’ PONDOK PESANTREN DARUL AMANAH SUKOREJO KENDAL TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
Abstract
Kiswatun Khasanah, EfektifitasPembelajaran Mufrodat dalam peningkatan Kemampuan Kalam (Ekpresi Lisan) Santri Putri Kelas Mubtadi’ Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal Tahun Ajaran 2012/2013: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang kegiatan pembelajaran mufrodat di Pondok Pesantren Darul Amanah serta kendala-kendala yang dihadapi. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan adanya kegiatan pembelajaran mufrodat dalam peningkatan kemampuan kalam (Ekspresi Lisan) santri di Pondok Pesantren Darul Amanah. Penelitian ini mengambil latar belakang Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara mendalam, menyebar angket, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dari hasil penelitian ini akan dianalisa dengan menggunakan dua macam analisa data yaitu analisa data kualitatif dan analisa kuantitatif. Analisa data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) dalam pembelajaran mufrodat di Pondok Pesantren Darul Amanah pembimbing/Ustadzah menggunakan metode Langsung, metode Mim-mem dan metode Oral. (2)proses belajar mengajar mufrodat menggunakan tehnik mendengarkan kata, mengucapkan kata, mendapatkan makna kata, membaca kata, menulis kata, dan membuat kalimat. (3) pembelajaran Mufrodat dalam peningkatan kemampuan kalam (ekspresi lisan) dikatakanefektif. Dalam pembelajaran Mufrodat ada beberapa faktor penghambat yang menyebabkan santri lemah dalam memahami bahasa arab, kebanyakan kesulitan yang dialami yaitu dari segi transliterasi, dan memahami bacaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
Depositing User: | Miftahul Ulum [IT Staff] |
Date Deposited: | 06 May 2013 17:24 |
Last Modified: | 26 Apr 2017 14:28 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7591 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |