PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS IVSDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN

LAILATUS SA’ADAH , NIM. 08410244 (2013) PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS IVSDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS IVSDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (984kB) | Preview
[img] Text (PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS IVSDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

LAILATUS SA’ADAH. Pendekatan Humanistik Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Latar belakang tulisan ini adalah : kegelisahan peneliti terhadap proses pembelajaran yang berlangsung selama ini masih terlihat peserta didik tidak memiliki ruang untuk mengembangkan ide-ide kreatifnya serta dalam proses belajar mengajar siswa cenderung pasif, kurang menunjukkan minat dan antusiasme untuk belajar. Konsep pendidikan humanistik, di dalam proses pembelajaran peserta didik diberi ruang kebebasan berekspresi dan berkreasi sehingga potensi-potensi peserta didik akan tergali dan tereksplorasi secara maksimal dan akan muncul inovasi-inovasi baru. Dalam hal ini SDIT Salsabila Banguntapan menggunakan pendekatan humanistik yang bertujuan untuk membiasakan berperilaku Islami dalam kehidupan sehari-hari dan menanamkan dasar-dasar untuk mengembangkan potensi-potensi peserta didik sehingga peserta didik tidak hanya memahami teori saja, melainkan dapat mengaplikasikan didalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Apabila kesimpulan yang dikemukakan pada tahap awal, didukung oleh bukti-bukti yang valid dan konsisten saat peneliti kembali ke lapangan mengumpulkan data, maka kesimpulan yang dikemukakan merupakan kesimpulan yang kredibel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pelaksanaan pendekatan humanistik dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV SDIT Salsabila Banguntapan dilakukan dengan menggunakan pendekatan humanistik dalam perencanaan pembelajaran seperti kurikulum dan RPP serta untuk pelaksanaan pembelajaran dapat dilihat baik dari pendahuluan, inti dan penutup yang sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan humanis. (2) Hasil pelaksanaan pendekatan humanistik dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Ada satu kriteria yang belum mampu guru kembangkan yaitu tentang metode pembelajaran karena guru didalam mengajar terkesan monoton dalam menggunakan metode belajar.(3) Kendala pelaksanaan pendekatan humanistik dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah pemahaman guru PAI tentang pendekatan humanistik masih belum maksimal, metode pembelajaran yang monoton, heterogenitas siswa dari segi tingkat pemahaman dan pengetahuan terhadap materi serta tingkat intelegensi siswa yang bervariasi dalam satu kelas, sumber belajar yang dimiliki sekolah masih kurang memadai terutama dalam pengadaan buku penunjang pembelajaran PAI bagi guru dan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 07 May 2013 09:14
Last Modified: 07 May 2013 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7595

Actions (login required)

View Item View Item