STRATEGI CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AH (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI SEYEGAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013)

LISTIYANINGSIH , NIM. 08420102 (2013) STRATEGI CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AH (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI SEYEGAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AH (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI SEYEGAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AH (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI SEYEGAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013))
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)

Abstract

Listiyaningsih, Strategi Card Sort Dalam Pembelajaran Qira’ah (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri Seyegan Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dalam penerapannya menggunakan dua kelas, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan strategi Card Sort dalam pembelajaran qira’ah yaitu kelas VIII F dan kelompok kontrol yaitu yang tidak menggunakan strategi Card Sort dalam pembelajaran qira’ah yaitu kelas VIII A. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar qira’ah kelompok eksperimen (kelompok siswa yamg menggunakan strategi Card Sort) dengan kelompok kontrol (kelompok siswa yang tanpa menggunakan strategi Card Sort) pada siswa kelas VIII MTs Negeri Seyegan Yogyakarta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan hasil belajar penguasaan qira’ah siswa dalam kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari skor rata-rata post-test kelompok eksperimen sebesar 13,07, sedangkan kelompok kontrol memperoleh skor rata-rata post-test sebesar 14,60. Kemudian dari rata-rata peningkatan kemampuan hasil belajar penguasaan qira’ah tersebut, kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi yaitu sebesar 3,67 sedangkan pada kelompok kontrol hanya 0,27. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa antara kelas yang menggunakan strategi Card Sort dalam pembelajaran qira’ah dengan kelas yang tidak menggunakan strategi Card Sort mempunyai perbedaan yang signifikan, sehingga strategi Card Sort dapat diterapkan sebagai solusi alternative dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran penguasaan qira’ah. Kata Kunci: Eksperimen, Card Sort, Pembelajaran Qira’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 May 2013 16:19
Last Modified: 26 Apr 2017 14:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7597

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum