PENANAMAN NILAI-NILAI PLURALISME DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA

M. FAHD WAKHYUDIN , NIM. 08410066 (2012) PENANAMAN NILAI-NILAI PLURALISME DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI-NILAI PLURALISME DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI-NILAI PLURALISME DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)

Abstract

M. Fahd Wakhyudin. Penanaman Nilai-Nilai Pluralisme Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Yogyakrta. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pendidikan melalui pembelajaran adalah wahana penanaman nilai-nilai kehidupan manusia sebagai makhluk sosial. Seharusnya manusia melalui pendidikan dapat memiliki berbagai nilai-nilai untuk kebaikan dan ketentraman hidup bermasyarakat, tetapi kenyataannya Banyak sekali konflik yang timbul dikerenakan sebuah perbedaan ideology, pendapat, warna kulit, ras, suku, golongan bahkan agama dalam kehidupan manusia. Rumusan masalah Bagaimana Penanaman Nilai-nilai Pluralisme dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Yogyakarta, Bagaimana implikasinya terhadap pemahaman siswa-siswi tentang pluralisme. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis Penanaman Nilai-nilai Pluralisme Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Yogyakarta Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTs Wahid Hasyim Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII. VIII, IX MTs Wahid Hasyim Yogyakarta masing-masing sebanyak 5 siswa. pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses Penanaman Nilai-Nilai Pluralisme Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Yogyakarta : Pertama Tujuan Pendidikan dan Kurikulum MTs menunjukan bahwasanya kurikulum MTs Wahid Hasyim itu plural dengan bentuk sikap (Tasamuh) atau toleransi seseama manusia. Kedua Pendidik dan Peserta didik dalam bentuk toleransi . Ketiga Silabus, (RPP) dan Metode Pembelajaran. Dalam (RPP) kelas VII membahas sikap ihsan dan pemahaman materi asma’ul husna dan aplikasinya, kelas VIII yaitu materi yang membahas perilaku atau akhlak terpui terhadap sesama manusia dengan bentuk husnudzon, tawaduk, tasamuh (toleransi), dan ta’awun. Kelas IX yaitu materi Yang membahas sikap atau berperilaku baik terhadap sesama manusia dalam lingkuangan sosial. Metode pembelajaran yang telah digunakan menunjukan nilai pluralisme seperti metode diskusi Keempat Materi Dalam buku ajar akidah akhlak kelas VII, VII, dan IX. Kelima proses pembelajaran materi ajar kelas VII terdapat muatan yang membahas pluralisme seperti Asma’ul Husna Ar-Rahman (Maha pengasih) saling mengasihi sesama manusia, berikutnya dalam pembelajaran di kelas VIII semsester ganjil, siswa secara tidak langsung terlibat untuk bersikap menghormati perbedaan dengan mengenal dan mengetahui kitab-kitab suci agama selain Islam. Implikasinya siswa-siswi mampu memahami arti dari pluralisme, dengan memiliki akhlak terpuji, saling menghormati dan mengahargai sesama manusia supaya mencapai tujuan hidup bermasyarakat yang rukun dan tentram di tengahtengah kemajemukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 May 2013 16:27
Last Modified: 28 Jul 2017 09:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7599

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum