STUDI KOMPARASI PRESTASI MAHĀRAH QIRĀAH BAHASA ARAB ANTARA SISWA ALUMNI MTs DAN SMP DI KELAS X MAN YOGYAKARTA I TAHUN AJARAN 2012

MUSLIMAH , NIM. 09420025 (2013) STUDI KOMPARASI PRESTASI MAHĀRAH QIRĀAH BAHASA ARAB ANTARA SISWA ALUMNI MTs DAN SMP DI KELAS X MAN YOGYAKARTA I TAHUN AJARAN 2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI PRESTASI MAHĀRAH QIRĀAH BAHASA ARAB ANTARA SISWA ALUMNI MTs DAN SMP DI KELAS X MAN YOGYAKARTA I TAHUN AJARAN 2012)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI PRESTASI MAHĀRAH QIRĀAH BAHASA ARAB ANTARA SISWA ALUMNI MTs DAN SMP DI KELAS X MAN YOGYAKARTA I TAHUN AJARAN 2012)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah input siswa MAN Yogyakarta I yang berbeda-beda menjadikan hambatan bagi guru dalam menyesuaikan cara penyampaian dalam mengajar. Ada beberapa siswa yang sudah mumpuni dalam bahasa Arab, ada yang kurang bisa, dan ada yang tidak bisa sama sekali membaca bahasa Arab. Sehingga penulis ingin membuktikan kebenaran hal tersebut dengan mengumpulkan berbagai data yang konkrit. Adapun fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan prestasi mahārah qirāah antara keduanya dan faktorfaktor apa yang mempengaruhinya. Penelitian ini merupakan penelitian kuntitatif, dengan mengambil ٤٠ sampel yaitu 20 siswa almni SMP dan 20 siswa alumni MTs di kelas X MAN Yogyakarta I. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan mengkomparasikan prestasi mahārah qirāah antara keduanya kemudian menarik kesimpulan. Adapun langkah-langkah analisisnya, yaitu : penentuan sampel, pengujian data sampel dari segi normalitas maupun homogenitas data yang berkaitan dengan latar belakang. Kemudian mengkomparasikan dengan menggunakan uji “T”. Hasil penelitian menunjukkan: Antara siswa alumni MTs dan siswa alumni SMP terdapat perbedaan prestasi mahārah qirāah yang signifikan. Prestasi mahārah qirāah siswa alumni MTs lebih tinggi dari siswa alumni SMP. Selisih antara nilai rata-rata keduanya adalah : siswa alumni MTs : 82,90 dan siswa alumi SMP : 79,05 = 3,85 (82,90-79,05). Terbukti juga pada uji T perbedaan dua mean pada tingkat kepercayaan 95 % tampak bahwa sig. (equal variance assumed ) = 0,000 < 0,05 (Ho ditolak) dan hasil konsultasi terhadap “T” tabel (tt) bahwa to lebih besar daripada tt (2,09<6,574>2,86) maka Hipotesis nihil (Ho) ditolak sedangkan Hipotesis alternatif diterima (Ha) sehingga adanya perbedaan nilai ratarata tes psikomotorik mahārah qirāah bahasa Arab antara siswa alumni MTs dan SMP di kelas X MAN Yoyakarta I merupakan perbedaan yang berarti atau perbedaan yang meyakinkan (signifikan). Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi tersebut diantara lain yaitu; 1) Lingkungan 2) Minat dan motivasi 3) Fasilitas. Sedangkan komponen pembelajaran yang ada di dalamnya meliputi: Tujuan, materi pelajaran, kegiatan belajar-mengajar, metode, sarana dan prasarana serta evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 May 2013 16:21
Last Modified: 27 Apr 2017 14:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7615

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum