NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL PUKAT, SERIAL ANAK-ANAK MAMAK KARYA TERE-LIYE

NOPI SETIAWATI, NIM. 09480030 (2013) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL PUKAT, SERIAL ANAK-ANAK MAMAK KARYA TERE-LIYE. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL PUKAT, SERIAL ANAK-ANAK MAMAK KARYA TERE-LIYE )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL PUKAT, SERIAL ANAK-ANAK MAMAK KARYA TERE-LIYE )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (797kB)

Abstract

Nopi Setiawati, “Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Novel Pukat, Serial Anak-anak Mamak Karya Tere-Liye”. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian novel ini adalah asumsi bahwa peran sastra tidak hanya menjadi sebuah seni yang menghibur, namun bisa menjadi sarana untuk mendidik. Perkembangan dunia mengarahkan dunia pendidikan untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan media pendidikan. Permasalahan nilai-nilai pendidikan Islam juga merupakan hal yang penting untuk dibicarakan, sehingga antara peran media pendidikan dan hal tersebut saling bersinggungan dan berperan satu sama lain. Oleh karena itu, kajian terhadap karya sastra berupa novel dapat dijadikan salah satu alternatif. Novel Pukat, Serial Anak-anak Mamak karya Tere-Liye merupakan salah satu novel pendidikan yang sarat dengan nilai-nilai pendidikan Islam. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu mengenai apa nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam Novel Pukat, Serial Anak-anak Mamak. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan, yaitu bagi pengembangan media pendidikan Islam melalui karya sastra, khususnya terhadap hasil penelaahan nilai-nilai pendidikan Islam dalam karya sastra. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) . Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pragmatis dan objektif. Dalam pengumpulan data penelitian menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis bahasa (semiotik), dengan fokus kajian yang dibahas dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam karya sastra, yang dalam hal ini mengambil subjek Novel Pukat, Serial Anak-anak Mamak karya Tere-Liye. Hasil penelitian ini menunjukkan: nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam Novel Pukat, Serial Anak-anak Mamak adalah pendidikan aqidah meliputi: Iman Kepada Allah, Hari Akhir, dan Qadha’ Qadar. Pendidikan ibadah, meliputi: shalat, wudhu, adzan dan iqomah, dan berdo’a. Dan pedidikan akhlaq, meliputi: akhlaq terhadap Allah (takut kepada Allah dan Ikhlas dalam beramal), akhlaq terhadap diri sendiri (jujur dan amanah, menutup aurat, sabar, optimis dan berpikir positif, disiplin dan bertanggung jawab, bersyukur dan qana’ah, pemaaf, dan menepati janji), akhlaq terhadap orang tua (birrul walidain dan kasih sayang orang tua terhadap anak), dan akhlaq terhadap sesama (menolong dan membahagiakan orang lain dan larangan menggunjing). Kata kunci: Nilai-nilai Pendidikan Islam dan Novel Pukat, Serial Anak-anak Mamak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 May 2013 17:00
Last Modified: 30 Jan 2017 09:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7623

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum