PENDIDIKAN HUMANISME ( KOMPARASI PEMIKIRAN K.H.AHMAD DAHLAN DAN KI HADJAR DEWANTARA )

SYAIFUR ROHMAN , NIM. 09470056 (2013) PENDIDIKAN HUMANISME ( KOMPARASI PEMIKIRAN K.H.AHMAD DAHLAN DAN KI HADJAR DEWANTARA ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN HUMANISME ( KOMPARASI PEMIKIRAN K.H.AHMAD DAHLAN DAN KI HADJAR DEWANTARA ) )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN HUMANISME ( KOMPARASI PEMIKIRAN K.H.AHMAD DAHLAN DAN KI HADJAR DEWANTARA ) )
BAB II, III, IV..pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)

Abstract

Syaifur Rohman. Pendidikan Humanisme ( Komparasi Pemikiran K.H.Ahmad Dahlan dan Ki Hadjar Dewantara ), Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2013. Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa pendidikan di Indonesia saat ini kehilangan aspek – aspek manusiawi karena berlandaskan pada paradigma, dan metode yang tidak memberikan ruang kepada peserta didik untuk berkembang sesuai dengan potensi yang mereka miliki, serta kehilangan nilai – nilai luhur yang menjadi dasar terbentuknya negara ini. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pendidikan humanisme yang didasarkan pada komparasi pemikiran K.H.Ahmad Dahlan dan Ki Hadjar Dewantara, (2) mengetahui konsep pendidikan dari kedua tokoh tersebut, ciri khas, persamaan, perbedaan, kelebihan dan kekurangan pemikiran serta ( 3 ) relevansinya dengan Pendidikan Islam. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kepustakaan atau library research dengan metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi serta metode analisa menggunakan content analisys atau analisa isi. Dari penelitian yang telah dilakukan, penulis menemukan bahwa (1) antara K.H.Ahmad Dahlan dan Ki Hadjar Dewantara masing – masing memiliki konsep pendidikan yang mengandung muatan humanisme, yaitu proses pendidikan didasarkan pada pemahaman bahwa manusia adalah makhluk yang memiliki potensi dalam diri mereka sehingga hakekat pendidikan adalah mengarahkan potensi tersebut agar lebih bermanfaat bagi manusia. Sedangkan cara untuk mengembalikan aspek – aspek humanisme dalam pendidikan adalah (a) pemahaman bahwa manusia memiliki potensi dalam diri mereka yang perlu dikembangkan, (b) tujuan dari pendidikan adalah mengarahkan potensi peserta didik sebagai bekal kehidupan mereka (c) pendidik tidak hanya mengajarkan suatu ilmu pengetahuan namun juga mempraktekan ilmu yang bisa dicontoh dalam kehidupan nyata, (d) metode yang digunakan dalam proses pendidikan harus memberikan ruang agar terjadi proses dialogis antara peserta didik dan pendidik. (2) Konsep pendidikan dari kedua tokoh ini memiliki ciri khas masing – masing yang salah satunya disebabkan latar belakang pendidikan mereka. Ciri khas dari konsep pendidikan K.H. Ahmad Dahlan adalah adanya muatan teologi dalam mengartikan pendidikan, serta dalam proses pendidikan, sedangkan Ki Hadjar Dewantara lebih dipengaruhi teori – teori psikologi perkembangan. (3) Kedua tokoh ini memiliki persamaan pemikiran yang tertuang dalam konsep pendidikan diantaranya adalah tentang hakekat pendidikan, dan tujuan pendidikan, sedangkan perbedaan diantara keduanya terdapat pada dasar – dasar pelaksanaan pendidikan serta metode yang digunakan dalam proses pendidikan, K.H.Ahmad Dahlan menggunakan metode klasikal sedangkan Ki Hadjar Dewantara menggunakan metode among. Masing – masing dari metode yang digunakan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan dalam penerapannya. Dari komparasi pemikiran K.H.Ahmad Dahlan dan Ki Hadjar Dewantara terdapat relevansi dalam pendidikan islam diantaranya dalam hakekat pendidikan, tujuan pendidikan, hakekat peserta didik, dan hakekat pendidik. Kata kunci : Pendidikan Humanisme ( Komparasi Pemikiran K.H.Ahmad Dahlan dan Ki Hadjar Dewantara).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 May 2013 17:12
Last Modified: 24 Aug 2018 16:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7626

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum