STUDI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BAHASA ARAB DALAM MEMILIH METODE DAN PENYAJIAN MATERI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MTs NEGERI SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA

TRI RAHAYU, NIM. 09420137 (2013) STUDI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BAHASA ARAB DALAM MEMILIH METODE DAN PENYAJIAN MATERI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MTs NEGERI SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BAHASA ARAB DALAM MEMILIH METODE DAN PENYAJIAN MATERI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MTs NEGERI SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BAHASA ARAB DALAM MEMILIH METODE DAN PENYAJIAN MATERI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MTs NEGERI SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)

Abstract

TRI RAHAYU. Studi Kompetensi Profesional Guru Bahasa Arab Dalam Memilih Metode dan Penyajian Materi Untuk Meningkatkan Hasil Siswa MTs Negeri Seyegan Sleman Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pembinaan yang dilakukan oleh kepala sekolah dan pihak sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru bahasa arab dalam memilih metode dan penyajian materi, dan metode yang dipilih serta penyajian materi yang diterapkan oleh guru bahasa Arab di MTs Negeri Seyegan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dan upaya yang dilakukan guru bahasa Arab secara personal untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya dalam memilih metode dan penyajian materi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memahami fenomena social melalui gambaran holistic dan memperbanyak pemahaman yang mendalam, sehingga untuk membentuk pemahaman tersebut dibutuhkan adanya kesesuaian antara teori dan praktek. Penelitian ini apabila dilihat berdasarkan tempat merupakan penelitian lapangan (field research). Sumber data pada penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, guru bahasa Arab. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Analisi data menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa upaya pembinaan yang dilakukan oleh kepala sekolah dan pihak sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru bahasa Arab dalam memilih metode dan penyajian materi yaitu dengan cara mengikutsertakan guru bahasa Arab dalam kegiatan workshop, seminar, diklat, pelatihan, sertifikasi dan MGMP, Serta menyediakan buku-buku yang berhubungan dengan bahasa Arab dan metode pembelajaran bahasa Arab. Selain mengikuti kegiatan pembinaan yang dilakukan oleh kepala sekolah dan pihak sekolah, guru bahasa Arab secara personal memperbanyak membaca dan mengkaji buku-buku yang berhubungan dengan bahasa Arab serta metode pembelajaran dan membuat modul bahasa Arab. Guru bahasa Arab di MTs Negeri Seyegan adalah guru yang cukup kompeten dalam memilih metode dan penyajian materi. Metode yang dipilih serta penyajian materi yang diterapkan selama proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa kelas VII, VIII, IX yang meningkat, pada tahun 2009/2010 untuk hasil belajar bahasa Arab 75% mendapat nilai 70. Pada tahun 2010/2011 untuk hasil belajar bahasa Arab 75% mendapatkan nilai 75. Dan pada tahun ini 2011/2012 untuk hasil belajar bahasa Arab 85% mendapatkan nilai 78.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 May 2013 18:14
Last Modified: 03 May 2017 11:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7631

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum