ANALISIS KEBIJAKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 55 TAHUN 2007 DAN PERATURAN MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 16 TAHUN 2010 TENTANG EVALUASI USBN PAI

TUKINEM, NIM. 09470177 (2012) ANALISIS KEBIJAKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 55 TAHUN 2007 DAN PERATURAN MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 16 TAHUN 2010 TENTANG EVALUASI USBN PAI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEBIJAKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 55 TAHUN 2007 DAN PERATURAN MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 16 TAHUN 2010 TENTANG EVALUASI USBN PAI)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEBIJAKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 55 TAHUN 2007 DAN PERATURAN MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 16 TAHUN 2010 TENTANG EVALUASI USBN PAI)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)

Abstract

Tukinem. Analisis Kebijakan Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 dan Peraturan Menteri Agama RI Nomor 16 Tahun 2010 tentang Evaluasi USBN PAI. Skripsi. Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2012. Latar belakang penelitian ini adalah berawal dari kegelisahan atas realitas yang ada pada sebagian besar peserta didik, guru, dan orang tua yang terkait dengan kualitas evaluasi penilaian hasil belajar pendidikan agama khususnya Pendidikan Agama Islam yang belum sebagaimana yang diidealkan. Indikasiindikasi yang bisa dilihat diantaranya; (1) banyaknya peserta didik yang cerdas secara intelektual namun masih jauh dari akhlak mulia (aspek spiritual); (2) nilainilai PAI yang diraih begitu bagus/tinggi akan tetapi aplikasi atau implementasinya masih jauh dari yang diharapkan. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah; (1) Bagaimana kebijakan PP/5/2007 dan Permenag RI/16/2010 dalam perspektif evaluasi pendidikan; (2) Apa kelebihan dan kelemahan dari PP/55/2007 dan Permenag RI/16/2010. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, mengetahui dan menganalisis kebijakan PP/55/2007 dan Permenag RI/16/2010 dalam perspektif evaluasi pendidikan, kelebihan dan kelemahan dari PP/55/2007 dan Permenag RI/16/2010 tentang evaluasi USBN PAI. Penelitian ini merupakan library research (penelitian kepustakaan). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi yaitu melalui teks-teks tertulis berupa buku, jurnal, majalah, surat kabar, dan lain sebagainya yang mendukung kajian penelitian. Selain menggunakan metode dokumentasi penulis juga menggunakan metode wawancara (interview) tak terstruktur. Analisis data dilakukan dengan metode teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan PP/55/2007 dan Permenag RI/16/2010 dalam perspektif evaluasi pendidikan adalah kedua payung hukum (PP/55/2007 dan Permenag RI/16/2010 tentang evaluasi USBN PAI) tersebut telah direspon oleh sebagian besar satuan pendidikan/institusi/lembaga pendidikan Propinsi DIY khususnya Kabupaten Sleman. Satuan pendidikan terutama guru mata pelajaran pendidikan Agama Islam merespon dengan sangat baik terkait dengan USBN PAI karena guru lebih mudah mengevaluasi keberhasilan/prestasi peserta didik dan telah mencakup tiga ranah penilaian yaitu ranah kognitif (USBN PAI bentuk ujian tulis), afektif (USBN PAI bentuk pengamatan terhadap pengamalan akhlak peserta didik oleh guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam), dan ranah psikomotorik (dengan ujian praktik). Kelebihan kedua payung hukum tersebut adalah USBN PAI telah dapat mengukur keberhasilan/prestasi peserta didik dengan tuntas dan lebih mudah cara mengevaluasinya. Sedangkan kekurangan kedua payung hukum tersebut adalah masih ada yang belum merespon kebijakan tentang USBN PAI karena berbeda secara institusi lembaga (seperti Muhammadiyah) yang mempunyai kebijakan tersendiri dalam mengevaluasi Pendidikan Agama Islam. Kata Kunci: USBN PAI, Kebijakan, Evaluasi Pendidikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 May 2013 18:19
Last Modified: 18 Apr 2017 11:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7632

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum