PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI TUMBUHAN HIJAU INI SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PLAYEN GUNUNGKIDUL

ULFA NI’MA SHOLIHAH, NIM. 08480002 (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI TUMBUHAN HIJAU INI SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PLAYEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI TUMBUHAN HIJAU INI SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PLAYEN GUNUNGKIDUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI TUMBUHAN HIJAU INI SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PLAYEN GUNUNGKIDUL )
BAB II, III..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)

Abstract

ULFA NI’MA Sholihah. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Tumbuhan Hijau ini Siswa Kelas B V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Playen Gunungkidul: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. penelitian inisial dilatar belakangi oleh pelaksanaan pembelajaran ilmu pengetahuan alam (ipa) yang pada dasarnya harus berlangsung secara aktif dan menyenangkan. akan tetapi pembelajaran ipa di kelas b v min payen gunungkidul berlangsung secara monoton sehingga kurang memperhatikan siswa pembelajaran ipa yang terkesan membosankan yang berakibat rendahnya pada motivasi belajar ipa. salah satu upaya untuk memotivasi siswa adalah artikel baru melaksanakan pembelajaran yang aktif dan menarik, yaitu menggunakan artikel baru lingkungan sebagai media belajar. pembahasan penelitian ini mengenai usaha atau kegiatan pembelajaran sebelum menggunakan media lingkungan sekolah, pelaksanaan pembelajaran artikel baru media lingkungan sekolah, serta pengaruh pembelajaran artikel baru media lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar ipa siswa. penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan mengetahui adanya pengaruh pembelajaran berbasis lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas b v min playen. penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen desain artikel baru. penelitian dilakukan pada siswa kelas b v min playen years ajaran 2012/2013 yang terdiri bahasa dari doa kelas b, kelas b yaitu va sebagai kelas b kelas b eksperimen dan vb sebagai kelas b terangkan. pengambilan data menggunakan lembar observasi dan menggunakan metoda angket sebelum dan sesudah pembelajaran. instrumen terlebih dulu divalidasi untuk mengetahui kesahihan dan kehandalan dalam, mengukur sesuatu yang hendak diukur. analisis yang digunakan adalah artikel baru menggunakan uji beda (t test) artikel baru uji prasyarat berupa uji normalitas, diperoleh bahwa sampel revenues berdistribusi normal, dan uji homogenitas, diperoleh bahwa sampel bersifat revenues homogen. hasil penelitian menunjukkan inisial pembelajaran artikel baru media lingkungan sekolah berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa ipa, ditunjukkan oleh adanya perbedaan motivasi belajar ipa yang signifikan antara siswa yang melaksanakan pembelajaran berbasis lingkungan sekolah siswa artikel baru yang melaksanakan pembelajaran tanpa berbasis lingkungan sekolah. hal ini ditunjukkan oleh par value sig. (2 tailed) taxes 0,001. siswa yang melaksanakan pembelajaran artikel baru media lingkungan sekolah memiliki motivasi belajar yang tinggi, lebih dariini siswa yang melaksanakan pembelajaran tanpa media lingkungan sekolah, yaitu rata-rata motivasi kelas b eksperimen taxes 26,59, sedangkan kelas b terangkan hanya taxes 24,05. kata kunci: pembelajaran berbasis lingkungan sekolah, motivasi belajar ipa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 May 2013 20:42
Last Modified: 01 Feb 2017 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7633

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum