PERANAN MEMBACA ALQURAN SEBELUM PELAJARAN DALAM PENANAMAN NILAI AKHLAK PESERTA DIDIK (Studi Kasus SMP Muhammadiyah 2 Bambanglipuro)

ULFA SANGADAH , NIM. 09410029 (2013) PERANAN MEMBACA ALQURAN SEBELUM PELAJARAN DALAM PENANAMAN NILAI AKHLAK PESERTA DIDIK (Studi Kasus SMP Muhammadiyah 2 Bambanglipuro). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERANAN MEMBACA ALQURAN SEBELUM PELAJARAN DALAM PENANAMAN NILAI AKHLAK PESERTA DIDIK (Studi Kasus SMP Muhammadiyah 2 Bambanglipuro))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERANAN MEMBACA ALQURAN SEBELUM PELAJARAN DALAM PENANAMAN NILAI AKHLAK PESERTA DIDIK (Studi Kasus SMP Muhammadiyah 2 Bambanglipuro))
BAB II, III..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ULFA SANGADAH. Peranan Membaca Alquran Sebelum Pelajaran Terhadap Penanaman Nilai Akhlak Peserta Didik (Studi Kasus SMP Muhammadiyah 2 Bambanglipuro). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemerosotan akhlak peserta didik di negeri ini, dan salah satu cara untuk meningkatkannya yakni dengan pembinaan akhlak itu sendiri melalui pembiasaan, di SMP Muhammadiyah 2 Bambanglipuro ada salah satu program yakni membaca Alquran sebelum pelajaran. Yang sudah diadakan kurang lebih selama 15 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan membaca Alquran sebelum pelajaran dalam penanaman nilai akhlak siswa SMP Muhammadiyah 2 Bambanglipuro. Mengetahui metode yang digunakan oleh sekolah dalam kegiatan membaca Alquran sebelum pelajaran terhadap pmbinaan nilai akhlak siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan dalam bentuk penelitian lapangan yang menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi serta trianggulasi dalam pengumpulan data. Lokasi penelitian di SMP Muhammadiyah 2 Bambanglipuro alamat Derman, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul, Yogyakarta 55764. Subyek penelitian adalah siswa dan proses kegiatan membaca Alquran sebelum pelajaran dengan informan guru dan karyawan. Pendekatan dengan psikologi pembiasaan/behavior. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Akhlak terhadap diri sendiri kedisiplinan, siswa yang rajin ikut kegiatan membaca Alquran tidak pernah datang terlambat. Akhlak terhadap Allah, erat kaitannya dengan ibadah kualitas dan kuantitas hafalan siswa bertambah sehingga mendukung ibadah siswa terutama ibadah sholat. Akhlak terhadap sesama menghormati guru dan menghargai teman yakni efek dari metode yang digunakan yakni metode tadarus yang digunakan. Akhlak terhadap Rasulullah, salah satunya adalah meneladani perbuatan Rasulullah dalam kehidupan sehari-harinya. Namun belum sepenuhnya siswa berkiblat terhadap akhlak Rasulullah, hanya sebagian kecil saja. Minimal siswa telah mencontoh sesuatu yang baik.2) Metode yang digunakan dalam kegiatan membaca Alquran sebelum pelajaran adalah tadarus (membaca Alquran secara bersama-sama), pembiasaan dan keteladanan dari bapak ibu guru serta karyawan. Faktor pendukung diantaranya adanya dukungan dari sekolah dan sudah masuk kedalam tatatertib serta jadwal pelajaran sedangkan faktor penghambat hanya dalam pelaksanaan teknis saja, guru atau siswa yang datang terlambat, tidak membawa Alquran. Kata kunci: peranan membaca Alquran dan penanaman nilai akhlak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 May 2013 20:51
Last Modified: 24 Aug 2018 10:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7634

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum