PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN YOGYAKARTA 1 TAHUN AJARAN 2012/2013

ZENI MEI PUSPITA , NIM. 09420001 (2013) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN YOGYAKARTA 1 TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN YOGYAKARTA 1 TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN YOGYAKARTA 1 TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB II, III..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)

Abstract

Zeni Mei Puspita, Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas X MAN Yogyakarta 1. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru bahasa Arab dalam proses pembelajaran, bagaimana motivasi belajar bahasa Arab siswa dan adakah pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas X MAN Yogyakarta 1 tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, observasi, interview dan dokumentasi. Analisis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) persepsi siswa tentang kompetensi guru dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN Yogyakarta 1, berada pada kategori Sedang yaitu pada kelas interval 76 – 82 dengan skor 42,86 %. Pengkategorian ini dibedakan lagi menjadi dua, positif (Sangat Tinggi, Tinggi, dan Sedang) dan negatif (Rendah dan Sangat Rendah). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN Yogyakarta 1 termasuk dalam kategori positif. (2) Motivasi Belajar bahasa Arab siswa kelas X MAN Yogyakarta 1, berada pada kategori Sedang juga, yaitu pada kelas interval 76 – 83 dengan skor 38,1%. Pengkategorian ini dibedakan lagi menjadi dua, kuat (Sangat Tinggi, Tinggi, dan Sedang) dan lemah (Rendah dan Sangat Rendah). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa kelas X MAN Yogayakarta 1 memiliki motivasi belajar bahasa Arab yang kuat. (3) Pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru (X) terhadap motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab (Y) kelas X MAN Yogyakarta 1 . Hal ini berdasarkan hasil analisis menggunakan regresi linier sederhana melalui program SPSS 16.00 for windows, yaitu diperoleh t hitung sebesar 13,190 dan hasil tersebut dikonsultasikan dengan t tabel pada taraf signifikansi 5% dengan N = 42, yaitu 1,6839. Dengan ketentuan jika t hitung > t tabel atau 13,190 > 1,6839 (5%), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas X MAN Yogyakarta 1 tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 May 2013 16:07
Last Modified: 03 May 2017 14:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7646

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum